Live Stream Bandung 132 TV


Asal-Usul Angklung Badeng Sebagai Kesenian Khas Garut Jawa Barat

Kesenian Khas Garut Angklung Badeng (Foto: garutexpress)

JABARNEWS | BANDUNG - Tak kalah dengan beberapa wilayah lain yang ada di Provinsi Jawa Barat. Garut ternyata memiliki beragam kesenian yang menarik untuk kita ulas, seperti Kesenia Badeng.

Kesenian Angklung Badeng lahir pada tahun 1800-an, seiring dengan meningkatnya syiar agama islam di Garut. Kesenian ini diciptakan oleh seorang tokoh penyebar agama islam bernama Arpaen dan Nursaen yang berasal dari Banten dan menetap di desa Sanding-Garut.

Baca Juga:

Polisi Temukan Dua Lokasi Penyimpanan Ganja Anji, Diantaranya di Bandung

Manfaat Madu Klanceng Trigona Bagi Kesehatan, Diantaranya Dapat Mengontrol Diabetes



Badeng berasal dari kata pahadreng yang artinya “bermusyawarah”. Menurut informasi lain, kata badeng itu berasal dari bahasa Arab yaitu baidun yang berarti “aneh”.

Mumu Safei (pemimpin grup badeng Medal Cipta) menjelaskan bahwa keanehan badeng pada masa lalu berhubungan dengan gerak tari badeng yang meloncat-loncat. Gerak ini mengikuti ritme musiknya. Gerak lain adalah gerak mengangkat kaki yang merupakan kreasi Mumu dengan sumber dari pencak silat.

Angklung badeng di desa Sanding-Garut pada mulanya berfungsi sebagai sarana upacara padi. Hal ini didasari oleh informasi yang menyatakan bahwa dahulu masyarakat melaksanakan pola tanam huma. Dalam perkembangan selanjutnya seni badeng ini lebih berfungsi sebagai sarana penyebaran agama islam.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Angklung Badeng Kesenian Khas Garut Kesenia Jawa Barat Kesenia Tradisional Jabarnews Berita Lokal

berita terkait

Kasus Covid-19 Melonjak, Purwakarta di Ambang Zona Merah?

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi