Live Stream Bandung 132 TV


Lebih Mengenal Tauco Sebagai Kuliner Khas Cianjur Yang Legendaris

Tauco Cianjur Sebagai Kuliner Legendaris (Foto: Kompas)

JABARNEWS | BANDUNG - Cianjur sangat identik dengan tauco, bahkan kabupaten yang berada di wilayah Jawa Barat itu pun telah lama dijuluki kota tauco. Tak berlebih mengingat eksistensi bumbu masakan atau sambal itu telah ada di Cianjur jauh sebelum republik ini ada.

Berdasarkan beberapa referensi, tauco masuk ke daerah Cianjur sejak abad 19 pada tahun 1880, yang dibawa oleh seorang pedagang asal Tiongkok bernama Tan Kei Hian. Awal sebutan tauco sendiri adalah tao tsioe, yang mengalami perubahan pelafalan setelah masuk ke daerah Cianjur.

Baca Juga:

Jenis Mobil Yang Kurang Diminati Di Indonesia, Kalian Punya Salah Satunya?

Transit di Bandara Mulia, Pemasok Senjata ke KKB Papua Ditangkap



Tauco sebagai produk olahan hasil fermentasi rebusan kacang kedelai dengan campuran bahan lainnya itu digunakan masyarakat sebagai bumbu penyedap rasa untuk merangsang selera makan.

Di Cianjur, tauco yang diproduksi Nyonya Tasma paling legendaris karena mampu eksis selama ratusan tahun. Saat ini, untuk kepentingan dagang, tauco Nyonya Tasma diberi label atau cap Meong.

Nyonya Tasma atau nama lain dari Tjoa Kim Nio itu sendiri merupakan istri Tan Kei Hian, pelopor industri tauco di Cianjur. Tan Kei Hian lebih familiar dipanggil Babah Tasma karena kebiasaannya memakai kacamata kala itu.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Tauco Cianjur Kuliner Kas Cianjur Kuliner Legendaris Makanan Khas Cianjur Kuliner Jawa Barat Oleh-Oleh Cianjur Jabarnews

berita terkait

Kasus Covid-19 Melonjak, Purwakarta di Ambang Zona Merah?

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi