Live Stream Bandung 132 TV


Gempa Guncang Sekitar Danau Toba, Ini Kata BMKG

Gempa bumi mangitudo 2.8 guncang Kabupaten Samosir, Jumat (11/6/2021). (Foto: Istimewa)

JABARNEWS I SAMOSIR – Gempa bumi berkekuatan magnitido 2.8 di sekitar Danau Toba, tepatnya di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, guncangan gempa dirasakan sebagian masyarakat sekitar, Jumat (11/6/2021) pukul 10.07 WIB.

Data Badan Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) melaporkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.56 Lintang Utara dan 98.75 Bujur Timur pada jarak 8 Km Tenggara, Somosir di kedalaman 1 Km.

Baca Juga:

Pemerintah Gelar Rakor Evaluasi Perkembangan PPKM Mikro di 34 Provinsi, Ini Hasilnya

Kejutan Baru dari Thavita, Rilis Single Baru 'Kuat' Jadi Misi Pemberdayaan Wanita



Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto mengatakan, gempa bumi dengan magnitudo 2.8 di Kabupaten Samosir merupakan jenis gempabumi dangkal yang diduga akibat gempabumi lokal berjenis swarm (aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil dengan frekuensi kejadiannya tinggi dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama di wilayah sangat lokal).

“Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Samosir, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ucapnya.

Menurutnya, hingga pukul 11:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kita minta masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Samosir Gempa Bumi Danau Toba Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Tolak Revisi UU Desa, PABPDSI Jabar: Tutup Pintu Bagi Koruptor

Tiga Obat Alami Ini Bisa Meredakan Gatal Pada Bagian Kulit

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi