Gempa Guncang Sekitar Danau Toba, Ini Kata BMKG

JABARNEWS I SAMOSIR – Gempa bumi berkekuatan magnitido 2.8 di sekitar Danau Toba, tepatnya di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, guncangan gempa dirasakan sebagian masyarakat sekitar, Jumat (11/6/2021) pukul 10.07 WIB.

Data Badan Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) melaporkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.56 Lintang Utara dan 98.75 Bujur Timur pada jarak 8 Km Tenggara, Somosir di kedalaman 1 Km.

Baca Juga:  Seorang Nenek Di Medan Nekat Jalan Kaki ke Jakarta untuk Bertemu Jokowi

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto mengatakan, gempa bumi dengan magnitudo 2.8 di Kabupaten Samosir merupakan jenis gempabumi dangkal yang diduga akibat gempabumi lokal berjenis swarm (aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil dengan frekuensi kejadiannya tinggi dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama di wilayah sangat lokal).

Baca Juga:  PASTI Layangkan Somasi Pada Penyebar Berita Hoax

“Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Samosir, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ucapnya.

Menurutnya, hingga pukul 11:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kita minta masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga:  Sejumlah Film Indonesia Ini Akan Tayang di Bulan Desember

“Sampai saat ini tidak terjadi gempa susulan, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dipertanggung jawabnan kebenarannya,” terang Hartanto. (ptr)