Tiga Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan, Diantaranya Cegah Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Daun ketumbar telah terkenal sebagai bahan dasar berbagai hidangan lezat. Di balik itu, ada segudang manfaat daun ketumbar bagi kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan. Simak selengkapnya pada artikel ini.

Selain sebagai bahan masakan, manfaat daun ketumbar bagi kesehatan juga telah dikenal sejak dahulu kala. Tanaman dengan nama latin Coriandrum sativum L. ini secara turun-temurun digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga:  Sat Lantas Polres Sergai Pasang Stiker Himbau Patuhi Protokol Kesehatan

Oleh Sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat daun ketumbar bagi kesehatan yakni:

Pertama. Mencegah Kanker – Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebut, bumbu dapur herbal termasuk ketumbar dapat mencegah daging yang dimasak membentuk heterocyclic amine atau HCA.

HCA merupakan senyawa yang terbentuk akibat memasak daging dalam suhu tinggi. Mengonsumsi makanan yang mengandung HCA tinggi sering dihubungkan dengan meningkatnya risiko kanker.

Baca Juga:  Gegara Corona, Petani di Ciamis Enggan Jual Hasil Bumi

Kedua. Mengontrol Gula Darah – Salah satu manfaat daun ketumbar yang juga terkenal adalah mampu mengontrol gula darah. Pasalnya, daun ini dapat merangsang kelenjar endokrin yang akan membantu pankreas memproduksi lebih banyak insulin sehingga gula darah akan turun.

Karena manfaatnya tersebut, orang-orang dengan tingkat gula darah yang rendah atau sedang mengonsumsi obat antidiabetes tidak boleh mengonsumsi daun ketumbar secara berlebihan.

Baca Juga:  Ketua MPR Dorong Pemerintah Akselerasi Pembangunan SDM

Ketiga. Meningkatkan Kesehatan Otak – Konsumsi daun ketumbar dihubungkan dengan penurunan tingkat keparahan gejala penyakit kognitif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Penelitian pada tikus mendapati, ekstrak daun ketumbar dapat mengurangi kejang, meningkatkan daya ingat, dan menurunkan risiko kerusakan sel saraf. Meski begitu, manfaat daun ketumbar yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut. (Red)