Live Stream Bandung 132 TV


Mengenal Colenak Sebagai Salah Satu Kuliner Bandung Jawa Barat

Colenak Kuliner Bandung (Foto: nubandung)

JABARNEWS | BANDUNG - Nama colenak tak asing bagi warga Jabar. Makanan khas Sunda ini terbuat dari tape singkong yang bakar dan disajikan dengan gula jawa cair yang sudah dicampur dengan parutan kelapa.

Pada mulanya, kudapan manis ini mempunyai nama peuyeum digulaan (tape dicampur gula). Namun atas saran dari pelanggan setia di zamannya, cemilan ini berganti nama menjadi colenak. Artinya, makin dicocol makin enak rasanya.

Baca Juga:

Pemkot Bandung Raih Penghargaan Ajeg & Pinunjul

Ridwan Kamil Sebut Vaksinasi Penentu Menurunnya Kasus Kematian Covid-19



Rasanya yang manis dan lezat, membuat kudapan ini disukai banyak orang. Saking populernya, colenak bahkan jadi bagian dari salah satu event bersejarah Indonesia.

Camilan ini jadi salah satu sajian yang dihidangkan dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) Bandung 1955 yang dihadiri Presiden Soekarno dan para pimpinan negara.

Colenak sudah menjadi camilan manis khas Jawa Barat sejak 1930. Murdi, penjual jajanan di daerah Cicadas, Bandung adalah yang saat itu pertama menjual colenak. Sampai saat ini, colenak Murdi Putra masih jadi salah satu jajanan yang tak boleh terlewat di Bandung.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Colenak Kuliner Bandung Kuliner Jawa barat Wisata Kuliner Bandung Jabarnews Berita Terkini Berita Lokal

berita terkait

[INFOGRAFIS] Aturan Untuk Perjalanan Domestik PPKM Jawa-Bali

Sandiaga Uno Kunjungi Sentra Vaksin di Depok, Begini Pesannya

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi