Ini Hal Yang Akan Terjadi Jika Makan Dengan Cepat

JABARNEWS | BANDUNG – Makan merupakan salah satu kebutuhan makhluk hidup yang ada di dunia, terlebih lagi Manusia. Manusia memiliki caranya masing-masing ketika makan, seperti makan cepat.

Makan cepat ternyata berisiko menyebabkan beberapa kondisi yang merugikan kesehatan. Sebaliknya, makan dengan lebih perlahan terbukti lebih menyehatkan dan membantu tubuh menjaga berat badan normal.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa resiko yang ditimbulkan ketika makan cepat yakni:

Baca Juga:  Sstt...Sepertinya Ada Salah Data

Pertama. Penyakit asam lambung – Makan cepat, begitu juga minum cepat, dapat meningkatkan aliran balik asam lambung ke kerongkongan setelah makan, sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit asam lambung (GERD) yang menyebabkan gejala nyeri ulu hati hingga sesak napas.

Jika kebiasaan makan cepat terus dilakukan dan gejala GERD tidak diatasi, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi, seperti penyempitan kerongkongan, luka pada kerongkongan yang bisa berujung ke perdarahan, atau bahkan kanker.

Baca Juga:  Tukang Sablon Berhasil Buat Bahan Bakar

Kedua. Berat badan naik – Tubuh memerlukan waktu sekitar 20 menit sejak mulai makan hingga sinyal kenyang bisa sampai ke otak. Jika Anda makan dengan cepat, Anda akan cenderung mengkonsumsi makanan lebih banyak dalam 20 menit karena belum merasa kenyang.

Padahal, sebenarnya jumlah makanan yang Anda makan sudah cukup. Kondisi ini menyebabkan kelebihan kalori yang pada akhirnya meningkatkan berat badan. Tentunya hal tersebut bisa tidak baik untuk dilakukan.

Baca Juga:  Kabar Gembira! Di Kota Bandung Telah Hadir Wisata Berkonsep Kolam Retensi

Ketiga. Proses Pencernaan Menjadi Lambat – Mirip dengan tersedak, jika Anda makan terlalu cepat, maka makanan belum dilumatkan secara sempurna. Makanan yang masih keras akan menyebabkan sistem pencernaan Anda bekerja lebih keras untuk mencerna makanan.

Hal ini menyebabkan proses pencernaan dan penyerapan makanan menjadi lebih lama. Tentunya hal tersebut bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan kalian. (Red)