JMN Channel


Pembatalan Ibadah Haji Tahun Ini, Pusat Oleh-oleh di Cirebon Gigit Jari

Kondisi pusat perbelanjaan oleh-oleh ibadah haji dan umroh di wilayah Panjunan, Kota Cirebon sepi penjualan. (Foto : Abdul Rohman/Jabarnews)

JABARNEWS | CIREBON - Pembatalan ibadah haji tahun ini, sejumlah pelaku usaha oleh-oleh haji dan umroh di wilayah Cirebon mengeluhkan penurunan omset mencapai 90 persen.

Sejumlah pedagang di sentra oleh oleh ibadah haji dan umroh, di sepanjang jalan Panjunan Kota Cirebon mengeluhkan atas dibatalkannya ibadah haji dan umroh pada tahun ini, yang biasanya pada musim haji ramai pengunjung.

Baca Juga:

Serang Hotel dan Kantor Leasing di Karawang, Polisi Tetapkan Tiga Tersangka

Bupati Imron Rosyadi Dipanggil KPK? Ini Penjelasan Pemkab Cirebon



"Tahun ini merosot jauh pendapatannya, yang biasanya bisa menjual puluhan dus kurma, sekarang hanya bisa menjual satu atau dua kilogram saja, itu juga hanya konsumsi harian," kata Muhammad Bahir, pengelola oleh-oleh haji, Jumat (11/06/2021)

Penurunan omset tersebut, lanjut Muhammad terjadi juga pada penjualan air zam zam, kismis, kacang arab. Sehingga, para pedagang juga tidak berani mengambil stok banyak, karena tidak ada pembeli.

"Sepinya pembeli dan penurunan omset ini, bukan saya saja yang merasakan, tapi dirasakan oleh seluruh pusat perbelanjaan oleh oleh haji dan umroh di Kota Cirebon," katanya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Pembatalan Ibadah Haji Oleh-oleh Haji Kabupaten Cirebon Oleh-oleh Cirebon Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Tips Olahraga Zumba Bagi Pemula Yang Penting Untuk Diketahui

Ini Manfaat Menyanyi Bagi Kesehatan Yang Jarang Orang Ketahui

Tiga Tips Menggelar Pernikahan di Rumah Agar berjalan Lancar

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi