Tiga Tanda Motor Kamu Mesti Turun Mesin, Diantaranya Keluar Asap Putih

JABARNEWS | BANDUNG – Istilah turun mesin menjadi salah satu sebutan dimana mesin motor kita mengalami masalah dan mengharuskan montir harus membongkarnya.

Hal tersebut biasanya terjadi oleh banyak penyebab salah satunya kerusakan pada salah satu komponen mesin motor. Sehingga membuat mesin harus dibongkar keseluruhan.

Hal tersebut tentunya membuat ongkos service menjadi lebih mahal. Oleh sebab itu kalian mesti mengetahui tanda mesin motor mesti turun mesin yakni:

Baca Juga:  Mabes Polri: Ada 107 Kasus Penyalahgunaan Bansos Covid-19

Pertama. Keluar asap Putih – Tanda pertama mesin motor harus turun mesin yakni Keluar asap putih dari knalpot terutama motor dengan 4 tak.

Tanda ini terjadi sebab adanya oli yang ikut terbakar. Bongkar mesin dan lakukan antisipasi agar komponen lain tidak ikut terbakar. Maka dari itu kalian harus mengetahui penyebabnya.

Baca Juga:  Ini Cara untuk Dapat Subsidi Bunga KUR Bagi Pelaku UMKM

Kedua. Motor Susah Nyala – Tanda-tanda mesin motor mesti turun mesin yang kedua yakni motor susah menyala. Oli yang naik ke ruang pembakaran memang menyebabkan banyak masalah.

Salah satunya mesin jadi susah dinyalakan karena busi basah oleh oli. Jika ini terjadi, tidak lama lagi motor Anda pasti akan turun mesin.

Ketiga. Motor Tidak Bertenaga – Tanda motor harus mengalami turun mesin yang selanjutnya yakni Motor tidak bertenaga. Kecepatan akselerasi motor menjadi kurang dan kecepatan menurun.

Baca Juga:  Sudah Lima Tahun Lebih, Pembebasan Lahan PLTA Cisokan Masih Bermasalah

Mesin menjadi lemah, bisa disebabkan karena seher atau ring seher kehilangan tenaganya atau blok mesin mengalami baret sehingga kompresi motor bocor. Jika hal ini terjadi, motor menjadi lemah dan tidak bertenaga, apalagi jika sering mati mendadak. (Red)