Beredar Informasi Ruang IGD Covid-19 Overload, RSHS Bandung: Tak Segenting Itu!

JABARNEWS | BANDUNG – Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengklarifikasi terkait pemberitaan lonjakan kasus pasien Covid-19.

Sebelumnya, beredar informasi di media sosial bahwa ruang pasien Covid-19 di RSHS Bandung membludak.

“Teman2 di bandung sekedar info dari yg on duty rshs malem ini, pasien covid19 luar biasa, ugd rshs overload & bbrp korban meninggal di ugd, pasien & ambulance dari luar mengantri di luar & lobby ugd. Tetap siaga & sehat selalu utk semua,” tulis pesan tersebut.

Baca Juga:  Kemendag Siapkan Program Migor Rakyat, Segini Harganya

Menanggapi hal itu, Plh. Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang RSHS dr. Yana Akhmad, Sp.PD-KP mengatakan, pihaknya menanggapi informasi yang saat ini beredar di masyarakat mengenai lonjakan pasien di IGD RSHS.

“Benar bahwa di RSHS terutama di IGD ada peningkatan kasus Covid-19 namun suasana tidak segenting seperti informasi yang baru-baru ini beredar. Kondisi masih terkendali dan seluruh pasien dapat dilayani,” kata Yana dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga:  Hujan Deras Sempat Buat 20 Titik di Bandung Banjir

Dia juga membantah bahwa terjadi peningkatan secara serentak. Menurutnya, peningkatan kasus Covid-19 terjadi secara bertahap.

“Peningkatan tidak terjadi secara drastis dalam waktu yang singkat melainkan sedikit demi sedikit sudah terlihat sejak pertengahan Mei 2021,” tuturnya.

Baca Juga:  Tendangan Pelajar Wanita Bikin Perampok Smartphone di Deli Serdang KO

Yana memastikan ruang rawat inap bagi pasien Covid-19 di RSHS Bandung masih tersedia.

“Kapasitas Gedung Kemuning (ruang rawat inap khusus Covid-19) sampai saat ini masih tersedia,” jelasnya.

“Masyarakat dihimbau untuk tidak panik namun tetap waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting dan selalu menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan,” tutupnya. (Red)