JMN Channel


KIB dan Farmasi Unisba Kembangkan Sari Nanas, Ini Hasilnya

Alih/transfer teknologi dari tim peneliti Farmasi Unisba kepada pihak Kebun Indonesia Berdaya pada Kamis (10/6/2021) lalu. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG - Inovasi produk berkelanjutan merupakan salah satu kunci penting untuk memajukan sebuah UMKM berbasis masyarakat. Upaya Inovasi produk dapat dilakukan melalui mekanisme riset atau penelitian dan pengembangan (RisBang).

Hampir sebagian besar UMKM tidak memiliki kemampuan untuk melakukan upaya inovasi berkelanjutan dikarenakan tidak memiliki badan riset dan pengembangan mandiri. Disamping itu, biaya yang besar dan waktu yang panjang menjadikan upaya inovasi melalui RisBang menjadi semakin sulit dijangkau.

Baca Juga:

Presiden Jokowi: PPKM Level 4 Dilanjutkan dari Tanggal 3-9 Agustus 2021

Pembayaran Ojek Desa Palabuhanratu Sukabumi, Kini Gunakan Bjb Digi



Salah satu upaya untuk mewujudkan aktivitas Risbang pada UMKM adalah dengan cara bersinergi antara UMKM dengan Peneliti di Kampus. Kebun Indonesia Berdaya (KIB) merupakan salah satu kebun di desa Cirangkong Kecamatan Cijambe, Subang yang membudidaya nanas dan buah naga serta memberdayakan 30 orang petani setempat.

Seperti diketahui, nanas merupakan buah khas subang yang saat ini menjadi salah satu komoditas unggulan kabupaten Subang. Tidak semua buah nanas yang dipanen oleh KIB dapat terserap oleh pasar.

Nanas yang tidak terjual tersebut akhirnya membusuk dan tidak menghasilkan nilai ekonomi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah mengolah buah nanas menjadi minuman sari nanas.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : KIB Farmasi Unisba Unisba Sari Nanas Nanas Subang Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Sip! Keterisian BOR di Rumah Sakit Kabupaten Purwakarta Turun

Tiga Hal Yang Memudahkan Ketika Sedang Di Rumah Saja

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi