Dukung Kemerdekaan Rakyat Palestina, Ridwan Kamil Serahkan Bantuan Senilai Rp1,5 Miliar

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan bantuan kemanusiaan senilai Rp1,5 miliar untuk rakyat Palestina yang saat ini masih berjuang untuk kemerdekaannya.

Bantuan berasal dari donasi masyarakat dan berbagai elemen Jabar. Bantuan diterima simbolis oleh Wakil Menteri Kesehatan Palestina Yousef Abu al Rish yang tersambung secara virtual dari Gaza, Senin (14/6/2021).

Ridwan Kamil mengungkapkan, bantuan senilai Rp1,5 miliar hasil sumbangan perorangan dan instansi melalui pintu organisasi Jabar Bergerak.

“Masyarakat Jabar banyak menyumbang untuk rakyat Palestina yang pintu sumbangannya melalui organisasi Jabar Bergerak totalnya terkumpul Rp1,5 miliar,” kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan Bandung.

Baca Juga:  Kader Gerinda Harus Berpihak Pada Rakyat

Sumbangan terkumpul dalam waktu beberapa minggu termasuk hasil lelang lukisan karyanya sendiri. “Terkumpul selama beberapa minggu termasuk di dalamnya ada hasil lelang lukisan pribadi saya,” ucapnya.

Ridwan Kamil mengatakan, para donatur yang berjumlah 800 orang itu telah bersepakat bahwa donasi yang diberikan tidak dalam bentuk uang. Melainkan dua unit ambulans untuk penanganan darurat kesehatan di Gaza. Kemudian akses air bersih berupa sumur dan pangan sesuai kebutuhan rakyat Palestina.

“Bentuknya yang diserahkan tidak berupa uangnya, lalu kami serahkan secara simbolis kepada Wamenkes Palestina,” ujarnya.

Baca Juga:  Polemik Pernikahan Dini di Bandung Solusi Atau Masalah

Sempat berbincang dengan Wamenkes Palestina tentang kondisi terakhir di Gaza pasca serangan Israel, bantuan tersebut dikatakannya sangat berharga. Sekaligus memberikan dukungan moral bahwa masyarakat Indonesia khususnya Jabar selalu bersama rakyat Palestina.

“Beliau (Wamenkes Palestina) sangat mengapresiasi dan terpentingnya adalah mereka tidak merasa sendirian,” tuturnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil sebagai arstitek juga sempat mendesain ulang sebuah masjid di Gaza yang sempat hancur tahun 2014 silam karena konflik senjata antara Palestina dan Israel. Masjid bernama Syeikh Ajlin itu kini sudah mulai dibangun ulang.

Baca Juga:  Tinggi, Laka Lantas Di Kabupaten Tasikmalaya Pada 2018

“Saya katakan juga ini bukan yang pertama dan terakhir, selama kemerdekaan Palestina belum diraih kita akan terus bantu,” paparnya.

Tak hanya memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina, dalam kesempatan tersebut, Kang Emil juga menyerahkan bantuan kepada 1.000 anak yatim piatu di Jabar yang terdampak Covid-19.

Bantuan dalam bentuk beasiswa jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi ini berasal dari para apartur sipil negara Pemda Provinsi Jabar dikoordinasi forum zakat Jabar.

“Bersama forum zakat Jabar kami juga mengkoordinasikan bantuan dari ASN Jabar untuk 1.000 anak sekolah dalam bentuk beasiswa,” tutupnya. (Red)