Ini Penyebab Aki Motor Kalian Mudah Soak, Diantaranya Penggunaan Lampu HID

JABARNEWS | BANDUNG – Aki merupakan salah satu bagian motor yang cukup penting bagaimana tidak, hal tersebut terjadi karena aki motor berfungsi sebagai menyediakan listrik sementara kelistrikan sepeda motor sudah disuplai oleh spul.

Maka dari itu, apabila terjadi masalah pada aki motor kalian akan menyebabkan berbagai masalah pada motor seperti hilanya daya listrik yang menyebabkan motor menjadi mogok.

Baca Juga:  Berangkat Ke Jakarta, Muslimat NU Majalengka Dikawal Ketat

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab aki motor mudah soak yakni:

Pertama. Bore-up – Penyebab aki motor mudah soak yang pertama yakni karena kondisi mesin yang sudah di bore-up. hal tersebut membuat daya listrik menjadi lebih besar keluar.

ditambah lagi, Motor yang sudah bore-up, namun spul dinamo starter tidak ikutan di-upgrade, maka kompresi tinggi yang dihasilkan dinamo starter tidak kuat menyalakan kendaraan.

Baca Juga:  Puluhan Warga di Lemahsugih Mengungsi

Kedua. Lampu HID – Penyebab aki motor mudah soak selanjutnya yakni penggunaan lampu HID. Lampu satu ini terkenal karena memiliki kecerahan yang begitu terang, hal tersebut membuat aki menjadi banyak menyuplai tenaga listrik.

Meski lebih terang dari lampu standar pabrik, peranti ini juga butuh suplai listrik lebih besar. Tak sedikit bengkel yang memasang lampu HID tanpa adanya penyesuaian pada spul pengisian, akibatnya aki cepat soak.

Baca Juga:  Banjir Jakarta, Anies Baswedan: Atas Izin Allah Satu Hari Kering

Ketiga. Klakson – Pemasangan klakson mobil di motor banyak dilakukan para pemilik kendaraan. Penggantian peranti ini ternyata membutuhkan suplai tegangan listrik yang cukup besar. Agar aki nggak gampang tekor, sebaiknya ditambah relay untuk menyetabilkan arus listrik. (Red)