Transit di Bandara Mulia, Pemasok Senjata ke KKB Papua Ditangkap

JABARNEWS | JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi menangkap pelaku penjual senjata api beserta amunisi ke teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Puncak Jaya, Papua.

Humas Satgas Nemangkawi, Kombes Pol M. Iqbal Al-Qudusy mengemukakan bahwa pelaku bernama Ratius Murib alias Neson yang ditangkap pada saat tengah transit di Bandara Mulia Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Baca Juga:  Ada Kampung Asian Games Di Indramayu

Menurutnya, pelaku atas nama Ratius Murib akan pergi ke Kabupaten Mimika Papua dan membawa uang tunai sebesar Rp370 juta yang diduga untuk membeli senjata api dari seseorang di wilayah Puncak Jaya, Papua.

“Neson Murib ini merupakan sindikat dari jaringan penjual senjata api dan amunisi ke KKTB (Kelompok Kriminal Teroris Bersenjata) di Puncak Jaya, Papua,” tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga:  Soal Vaksin MR, Ini Langkah Puskesmas Purwakarta

Iqbal mengatakan bahwa berdasarkan keterangan pelaku, total keuntungan yang didapat dari jual-beli senjata api dan amunisinya itu sebesar Rp1,3 miliar.

Baca Juga:  Piala Smansa Spike Championship Direbutkan 24 SLTA Se- Purwakarta

Menurutnya, Satgas Nemangkawi sampai saat ini masih memeriksa Ratius Murib alias Neson untuk mendalami kasus jual-beli senjata api dan amunisi ilegal tersebut.

“Tim masih menggali informasi sumber dana serta aktivitas pengiriman uang untuk beli senjata api dan amunisi dari Neson Murib ini,” ujarnya. (Red)