Pemkot Cirebon Salurkan Ribuan Paket Sembako Untuk Terdampak Covid-19

JABARNEWS | CIREBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat terdampak Covid-19 untuk

Sebanyak 2.175 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Diketahui, paket sembako terdiri dari beras premium 10 kg, minyak goreng 1 liter, mi instan 10 buah, kecap 1, dan sarden 2 kaleng disiapkan oleh Kantor Bulog Cirebon.

Sedangkan untuk distribusi paket sembako bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Cabang Cirebon dengan memanfaatkan layanan ojek online. Sehingga KPM tinggal menunggu di rumah dan langsung mendapatkan paket sembako.

“Di masa pandemi Covid-19 ini kebahagian masyarakat Kota Cirebon sangat penting. Karena kebahagiaan itu yang akan meningkatkan imun kita, Dengan imun yang meningkat, diharapkan semua penyakit, termasuk Covid-19 tidak akan masuk ke dalam tubuh” ungkap Azis, ujar Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis Selasa, (15 Juni 2021).

Baca Juga:  Tak Ada Operasi Militer, TNI Jamin Keamanan Warga Sipil di Papua

Pada kesempatan itu, Azis kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 masih terjadi dan masih banyak keluarga yang terdampak. Karenanya, upaya dari pemerintah saja tidak cukup.

“Kita ingat dulu, di awal pandemi Covid-19 kesadaran masyarakat sangat tinggi untuk membantu sesama yang membutuhkan,” katanya.

Baca Juga:  Gara-Gara Unggahan di Medsos, PSSI Panggil Shin Tae-yong dan Asistennya

Untuk itu, Azis meminta kesadaran untuk membantu sesama kembali ditingkatkan. Dinas terkait bisa mempeloporinya, dengan kekuatan pemerintah dan masyarakat, ia yakin dampak dari pandemi Covid-19 bisa segera diatasi.

“Mari kita saling bekerjasama untuk membantu sesama dan meningkatkan kembali kesadaran akan bahaya covid-19,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Dra. Hj. Santi Rahayu, M.Si., menjelaskan sebelum melakukan penyaluran paket sembako, mereka terlebih dahulu menyurati camat dan lurah.

“Untuk meminta data keluarga yang berhak menerima namun belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan dari pemerintah. Hingga akhirnya terkumpul data 2.175 KPM yang tersebar di 5 kecamatan,” katanya.

Baca Juga:  Berikut Lima Cara Jitu Hindari Peretasan WhatsApp

Masing-masing Kecamatan Harjamukti sebanyak 489 KPM, Kecamatan Kejaksan sebanyak 438 KPM, Kecamatan Kesambi sebanyak 560 KPM, Kecamatan Lemahwungkuk sebanyak 361 KPM, dan Kecamatan Pekalipan sebanyak 327 KPM.

“Kami targetkan selama seminggu penyaluran paket sembako untuk 2.175 KPM sudah selesai. Setelah itu masih ada 2 penyaluran bansos paket sembako, jadi selama 2021 sebanyak 2.175 KPM akan mendapatkan 3 kali paket sembako yang dananya bersumber dari APBD Kota Cirebon,” katanya. (Arn)