Tiga Manfaat Santan Bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Cegah Anemia

JABARNEWS | BANDUNG – Pola makan dan memilih menu sehat menjadi salah satu hal penting bagi para ibu hamil. Walaupun beberapa jenis makanan tertentu boleh dikonsumsi, tapi mengatur porsinya supaya tidak berlebihan juga tak kalah penting seperti santan.

Makanan bersantan ternyata memberikan manfaat untuk ibu hamil. Mengutip dari laman bandungnews.id, dr. Sepriani Timurtini Limbong, mengatakan santan mengandung lemak baik yang sehat untuk janin.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat santan bagi ibu hamil yakni:

Baca Juga:  Pemilu 2024, Pemkot Bandung Menargetkan Partisipasi Pemilih 90 Persen

Pertama. Mencegah Anemia – Manfaat santan bagi ibu hamil yang pertama yakni dapat mencegah anemia. Mengutip Mamabix, santan mengandung zat besi tinggi yang bisa menghindarkan ibu hamil dari anemia.

Faktanya, seorang wanita lebih rentan alami anemia ketika sedang hamil. Anda bisa mengimbangi makan santan dengan sumber zat besi lainnya, seperti sayuran hijau dan daging merah.

Baca Juga:  Kenali Alam, FOJB FOMPA Kunjungi Gunung Lembu Purwakarta

Kedua. Meningkatkan Kekebalan Tubuh – Asam laurat dalam santan merupakan bentuk dari lemak yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh selama hamil. Tidak hanya itu, senyawa ini juga berfungsi sebagai antimikroba dan antiinflamasi pada tubuh ibu.

Berdasarkan penelitian di International Journal of Food Science, santan memiliki senyawa antioksidan yang lebih tinggi ketimbang susu sapi maupun susu kambing. Jika dikonsumsi dengan jumlah cukup, antioksidan dalam santan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan menangkal radikal bebas.

Baca Juga:  Bedakan Kritikus dan Radikalisme, Dedi Mulyadi: Jangan Sembarangan Menuduh

Ketiga. Membantu Proses Menyusui – Manfaat santan bagi ibu hamil selanjutnya yakni membantu proses menyusui. Kandungan asam laurat pada santan tidak hanya mendukung sistem kekebalan tubuh tapi juga membantu produksi ASI.

Kombinasikan asupan sehat lainnya agar hasilnya semakin maksimal, misalnya memadukan santan dengan kacang almond, biji-bijian, buah potong segar, dan ikan. (Red)