Ini Bahayanya Jika Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kacang-kacangan

JABARNEWS | BANDUNG – Kacang-kacangan dikenal oleh masyarakat luas sebagai satu di antara jenis makanan yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, jika konsumsinya berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Kacang merupakan camilan lezat, apalagi kacang mete dan almond, yang merupakan jenis kacang favorit. Kacang-kacangan dipercaya dapat menyembuhkan atau meredakan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan juga Alzheimer.

Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan, kacang juga dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan diantaranya:

Baca Juga:  Inilah Masalah Perut Yang Bisa Diatasi Dengan Permen Karet

Pertama. Menyebabkan Asam Urat – Asam urat merupakan satu di antara jenis penyakit yang sering menyerang orang pada usia lanjut. Namun, penyakit ini juga bisa menyerang kalangan usia muda.

Satu di antara penyebab asam urat adalah terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan dalam sekali waktu. Hal itu terjadi karena kacang-kacangan mengandung senyawa purin, terutama pada kacang hijau dan kacang kedelai, yang dapat memicu munculnya asam urat.

Kedua. Memicu Kenaikan Tekanan Darah – Terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan dapat memicu kenaikan tekanan darah, namun hal ini tergantung pada cara Anda mengonsumsinya.

Baca Juga:  25 Ribu Pencari Kerja Di KBB Berebut 5.800 Lowongan Kerja

Mengonsumsi kacang yang tidak dicampurkan bahan tambahan akan memberikan manfaat baik pada tubuh, namun sebaliknya, jika terlalu banyak mengkonsumsi kacang dengan tambahan banyak garam, akan menyebabkan masalah pada tubuh.

Hal tersebut terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi garam yang dicampurkan pada kacang dapat memicu kenaikan tekanan darah, yang bila dibiarkan akan menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Ketiga. Gangguan Pencernaan – Kacang mengandung banyak serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan, namun sekali lagi, harus dengan porsi yang tepat. Jika sebaliknya, akan berdampak buruk pada pencernaan. Hal ini karena sebagian besar kacang-kacangan mengandung senyawa phytates dan tanin, yang cenderung sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan kita.

Baca Juga:  Tips Mengantisipasi Blind Spot Pada Mobil

Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi kacang yang digoreng juga merupakan hal yang tidak baik, karena dapat menimbun lemak di dalam usus yang dapat menghambat sistem pencernaan berjalan dengan lancar. (Red)