Bayu Asih Purwakarta Kewalahan Pasien, Kabar Dua Rumah Sakit Darurat Gimana?

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kasus warga terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Purwakarta, terus melonjak, hal tersebut berimbas pada Bed Occupancy Rate atau tingkat keterisian tempat tidur di Rumah Sakit (RS) Bayu Asih Purwakarta mengalami kelebihan kapasitas.

Langkah cepat di siapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta dengan menyiapkan dua rumah sakit darurat. Kedua Rumah Sakit tersebut yakni RS Gunung Putri Purwakarta dan Puskesmas Kecamatan Purwakarta Kota.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Purwakarta dr. Erlita Sari menyebutkan, kedua rumah sakit darurat yang diperuntukkan bagi pasien terkonfirmasi positif COVID-19 belum bisa digunakan.

Baca Juga:  Mahasiswa Demo Blokade Jalan Di Bandung

Disebutkannya, ada sejumlah hal yang harus disiapkan. Mulai dari sumber daya manusia hingga perlengkapan penunjang lainnya.

“Dua rumah sakit darurat itu adalah Puskesmas Purwakarta Kota dan Rumah Sakit Gunung Putri Purwakarta. Kami masih mempersiapkannya, mulai dari SDM hingga peralatan penunjang lainnya,” tutur Erlita.

Dirinya pun memperkirakan jika kedua rumah sakit tersebut dapat digunakan pada pekan ini, setelah segala yang diperlukan sudah tersedia.

Baca Juga:  Miliki Ganja, Warga Afghanistan Ditangkap di Puncak Bogor

“Intinya, kami berusaha semaksimalkan mungkin dan berharap kasus di Purwakarta cepat berangsur menurun,” ujarnya

Terpisah, Kepala RS Gunung Putri, Lettu Ckm dr Wahyu menyebutkan, secara bangunan sudah dipersiapkan dengan capaian 90 persen. Adapun saat ini tengah menunggu instruksi pimpinan maupun bupati.

“Alat belum ada hanya ada bed (tempat tidur) dan kamar mandi lengkap. Surat izin dari bupati sedang menunggu dan kami koordinasi itu pun tinggal menunggu petunjuk lebih lanjut. Biasanya nakes kami dapat relawan dokter dan perawat, apotek itu harus ada petugas,” ucap dr Wahyu.

Baca Juga:  Catat ! Maman Janji, Nanti Honorer Jadi PNS Atau Honornya Naik

Dirinya merinci di RS Bayu Asih terdapat 21 tempat tidur yang disiapkan untuk pasien COVID-19. Di mana, sembilan tempat tidur untuk pasien perempuan dan 12 lainnya untuk pasien laki-laki.

Hal Senada diungkapkan Kepala Puskesmas Purwakarta Kota, Dr. Ano Nugraha.

Dia mengaku masih banyak yang harus dipersiapkan untuk menjadi RS Darurat pasien COVID-19.

“Kami masih menginventarisir sarana dan prasarana di puskesmas ini,” ucap Ano. (Gin)