Corona Serang Pesantren di Majalengka, 50 Orang Terpapar Covid-19

JABARNEWS | MAJALENGKA – Puluhan santri di Pondok Pesantren Al-Quraniyyah Majalengka dilaporkan terpapar Covid-19.

Berdasarkan informasi jumlah santri yang dinyatakan positif COVID-19 mencapai 50 orang.

Pengasuh Ponpes Al-Quraniyyah Majalengka, Yuyud Astiyudin mengatakan kasu tersebut ditemeukan setelah seluruh santri maupun tenaga pengajar di ponpes tersebut menjalani tes swab.

“Ya untuk saat ini ada penambahan, total yang positif jadi 50 orang,” ujar Yuyud kepada media, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga:  Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Isolasi Mandiri

Yuyud mengungkapkan, pihaknya tidak akan menutup-nutupi adanya puluhan santri yang terpapar virus Corona tersebut. Sebab, hal ini perlu diketahui banyak orang dan bukan aib.

“Kami tidak menutup-nutupi ini (santri yang positif) karena ini wabah bukan aib, justru kalau ditutupi akan berbahaya untuk semua, tidak hanya untuk pesantren,” ucapnya.

Saat ini, ke-50 santri positif Covid-19 tersebut sudah dikarantina di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) milik Dinas Pendidikan yang berada di Jalan KH Abdul Halim, Kecamatan Majalengka. Adapun, dari jumlah itu, satu di antaranya merupakan tenaga pengajar.

Baca Juga:  Ajay M Priatna, Walikota Nonaktif Cimahi Divonis 2 Tahun Penjara

“Sementara yang negatif kita isolasi di pesantren, tidak kita pulangkan karena khawatir membahayakan keluarganya jika dipulangkan,” jelas dia.

Seperti diketahui, adanya klaster Ponpes tersebut berasal dari adanya seorang santri yang sakit dan memiliki gejala Covid-19.

Baca Juga:  Polsek Karangtengah Cianjur Sambangi Desa Sukamantri, Beri Imbauan Begini

Setelah di tes antigen, santri tersebut dinyatakan positif.

“Awalnya itu kita mendeteksi ada yang sakit dan kita langsung tes antigen dan hasilnya positif. Dari situ saya laporan ke Satgas Covid-19 Majalengka dan setelah di tes swab keseluruhan, ada 35 orang yang positif,” katanya. (Red)