Live Stream Bandung 132 TV


Ada Tsunami Kecil Usai Gempa M 6,1 di Maluku, Ini Penjelasan BMKG

Tangkapan layar video amatir saat muka air laut meninggi di pesisir Tehoru, Maluku Tengah. (Foto: Net)

JABARNEWS I BANDUNG - Beredar video yang menunjukkan tsunami kecil di kawasan pesisir Tehoru, Maluku Tengah (Malteng), usai gempa M 6,1 yang mengguncang wilayah itu, Rabu (16/6/2021).

Kepala bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono menjelaskan tsunami yang terjadi di Maluku Tengah itu akibat terjadinya longsoran bawah laut.

Baca Juga:

Gempa Bumi Guncang Pematangsiantar Pagi Tadi, Ini Kata BMKG

Gempa Bumi Magnitudo 4.0 Guncang Nias Utara, Dirasakan Masyarakat Lahewa



"Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa Malteng M6,0 kedalaman 19 km menunjukkan bhw gempa ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI, namun didasarkan hasil observasi muka laut sta TEHORU menunjukkan ada kenaikan muka air laut setinggi 0,5 m. Hal ini diperkirakan akibat dari longsoran bawah laut," ujar Daryono, dikutip dari akun Twitternya.

Menurut Daryono hingga Rabu, pukul 13.35 WIB, telah terjadi 13 gempa susulan di Maluku Tengah. Gempa susulan itu menyusul gempa berkekuatan cukup kuat yang lebih dulu terjadi.

"Hingga hari Rabu, 16 Juni 2021 pukul 13.35 WIB, pasca Gempa Maluku Tengah M6,0 hasil monitoring BMKG telah terjadinya 13 (tiga belas) gempabumi susulan ( aftershock ) dengan magnitudo terbesar M=3,5," cuit Daryono.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Maluku Gempa Tsunami BMKG Tehoru Daryono

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi