Empat Hal Yang Mesti Kamu Ketahui Sebelum Memilih Jurusan Di Universitas

JABARNEWS | BANDUNG – Setelah lulus sekolah menengah akhir (SMA) sederajat, pastinya banyak yang memilih jalan hidupnya masing-masing. Salah satu contohnya yakni kuliah di Jurusan yang diinginkan pada Universitas favorit.

Untuk memilih jurusan yang akan kalian masuki, ada baiknya kalian mesti memperhatikan beberapa hal. Oleh sebab itu berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan saat memilih jurusan di Universitas yakni:

Pertama. Tentukan jurusan sesuai passionmu – Yang harus kamu perhatikan pertama kali sebelum kamu memilih kampus idaman adalah harus menentukan jurusan yang sesuai dengan minat bakat kamu.

Baca Juga:  Adik Gus Dur Kunjungi Ma'ruf Amin, Yakin Suara NU Dukung Paslon 01

Jangan sampai nanti ketika kamu masuk ke kampus atau perguruan tinggi, kamu merasa salah pilih jurusan. Jika kamu belum tahu jurusan apa yang akan kamu pilih, kamu bisa konsultasikan dengan guru BK di sekolahmu atau bisa browsing-browsing di Internet.

Kedua. Sesuai Dengan Cita-cita – Selain passion, ada hal yang harus kamu pertimbangkan matang-matang dalam memilih jurusan di universitas yaitu cita-cita kamu.

Baca Juga:  KPPU Lakukan Investigasi Terhadap Google dan Facebook

Kenapa cita-cita? karena cita-citalah yang akan memotivasi kamu untuk lebih berkembang dan semangat untuk belajar atau kuliah di jurusan yang akan kamu pilih.

Ketiga. Akreditasi jurusan – Selain passion dan cita-cita, kamu juga wajib banget untuk mengetahui akreditasi jurusan yang akan kamu pilih, setidaknya jurusanmu itu mempunyai akreditasi B agar memudahkan kamu dalam melamar pekerjaan ataupun daftar CPNS.

Baca Juga:  Ini Pengganti AKBP Twedi Aditya Bennyahdi Sebagai Kapolres Purwakarta

Keempat. Prospek kerja lulusan jurusan – Terakhir, kamu juga harus mempertimbangkan lagi prospek kerja ke depan dari jurusan yang akan kamu pilih. Pikirkan, apakah jurusan yang dipilih bisa memberikan keuntungan ke masa depan.

Sekali lagi sebagai pengingat, jangan lupa juga untuk memastikan jurusan yang kamu pilih sudah terakreditasi dengan baik karena hal ini akan membantumu di dunia kerja nantinya. (Red)