Ini Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan, Diantaranya Berpotensi Melawan Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Jamur Enokitake atau enoki merupakan jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Dikenal juga sebagai jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas.

Selain nikmat saat disantap, ternyata jamur enoki juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu dilansir dari beberapa sumber kami berhasil merangkum manfaat jamur enoki untuk kesehatan yakni:

Baca Juga:  Tinjau Penyekatan di Perbatasan Jabar-Jateng, Uu Ruzhanul Ulum: Ini Ketegasan Kami

Pertama. Menjaga daya tahan tubuh – Pola makan yang sehat adalah salah satu kunci untuk menjaga daya tahan tubuh. Kita perlu mengonsumsi makanan yang tepat untuk meningkatkan sistem imun.

Jamur enoki memiliki senyawa protein yang dapat menambah kekebalan tubuh terhadap penyakit. Bahkan, terdapat senyawa penambah sistem imun tubuh dalam jamur enoki yang dapat pertumbuhan tumor pada tikus.

Baca Juga:  Ini Penjelasan Menteri PANRB Soal Reformasi Birokrasi 2014 - 2018

Kedua. Melindungi organ jantung – Manfaat jamur enoki bagi kesehatan selanjutnya yakni dapat melindungi jantung. Jamur enoki yang memanjang dan kecil ini mampu melindungi organ vital.

Ekstrak jamur enoki mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jamur enoki juga mengandung serat jenis beta-glukan yang efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi.

Ketiga. Berpotensi melawan kanker – Jamur enoki dianggap berpotensi menjadi obat untuk mengatasi kanker karena mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Jamur enoki didapati bisa mengurangi kanker hati di tikus.

Baca Juga:  Hati-hati Macet! Ada Rekonstruksi di Tol Japek, Cek Ruas Mana Saja

Tidak hanya itu, riset lain juga menemukan bahwa jamur enoki dapat menghambat sel kanker payudara. Meskipun demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk menelaah manfaat jamur enoki yang satu ini. (Red)