Waduh! Tak Tanggung, Pria Ini Bikin Onar Hingga Membakar Rumah Orang Tuanya

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Seorang pemuda berinisial JN (32) diamankan petugas Polsek Manonjaya dan Polres Kota Tasikmalaya. Ia berbuat onar, mengamuk dan membakar kandang kambing dan mushola, hingga membakar rumah yang ditinggali orangtuanya, Jumat (18/6/2021) dini hari.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Peristiwa saat pelaku mengamuk terjadi sekitar pukul 00.00 WIB direkam oleh warga. Dalam rekaman terlihat, pelaku membawa sebilah golok. Sedangkan rumah yang ditinggali keluarga pelaku ludes dilalap si jago merah.

Saat ini, pelaku yang merupakan warga Kampung Sirnasari, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, kini tengah mendekam di Mapolsek Tasikmalaya untuk menjalani pemeriksaan. Belum diketahui motif pelaku mengamuk dan melakukan perusakan.

Baca Juga:  Seluruh Pegawai Pemkot Bandung Swab Test, Total 326 Orang Terkonfirmasi Positif

“Pelaku merupakan sulung dari tujuh bersaudara, putra pasangan Yusup dan Engkar. Peristiwa berawal saat pelaku pulang dari pesantren sekitar pukul 00.00 WIB,” ujar Ketua RT Toha, seperti dilansir dari Inews, Jumat (18/6/2021).

Toha menambahkan, pada mulanya pelaku mencari cangkul untuk membuat arang. Entah apa sebabnya, pelaku tiba-tiba mengamuk di rumahnya dan berusaha menyerang ayah kandungnya, Yusup. Namun akhirnya pelaku dapat dilerai dan kaki pelaku dipukul oleh ibunya, Engkar.

“Pelaku berhasil ditenangkan oleh warga dan keluarga. Namun saat menjelang subuh, pelaku kembali mengamuk sambil membawa golok dan memotong sejumlah pohon. Kemudian Jajang merusak dan membakar bagian dalam musola,” kata Toha.

Baca Juga:  Erick Thohir Sampaikan Kabar Gembira Soal SGIE, Apa Itu?

Toha mengemukakan, api sempat menyala di mushala tetapi berhasil dipadamkan oleh warga. Namun, pelaku membakar rumah orang tuanya kemudian kandang kambing.

“Beruntung semua anggota keluarga berhasil menyelamatkan diri dan keluar dari dalam runah saat api mulai berkobar,” ujar Toha.

Setelah mengamuk, tutur Toha, pelaku kabur. Warga melapor ke Polsek Manonjaya dan Polres Tasikmalaya. Petugas sempat melakukan pencarian. Polisi dibantu TNI dan warga akhirnya berhasil mengamankan pelaku Jajang.

“Pelaku langsung diamankan oleh petugas Polsek Manonjaya untuk menjalani pemeriksaan,” tutur Toha.

Baca Juga:  Pejabat Diberi Tiket Asian Games, Itu Gratifikasi

Sementara itu, jajaran Polsek Manonjaya dan tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polres Tasikmalaya Kota kembali datang ke lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memeriksa sejumlah saksi di lokasi kejadian.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Septiawan Adi Prihartono mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan, pelaku Jajang diduga mengalami gangguan jiwa. Namun untuk memastikannya, petugas masih terus melakukan pendalaman dan penyelidikan terhadap pelaku.

“Tidak ada korban dalam kejadian ini meski pelaku membawa senjata tajam dan sempat menyerang orang tuanya,” kata Kasatreskrim Polres Tasikmalaya Kota. (Red)