Tiga Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan, Diantaranya Redakan Asam Urat

JABARNEWS | BANDUNG – Meski kurang populer, manfaat madu hitam baik untuk kesehatan tubuh. Madu hitam adalah jenis madu yang berasal dari nektar bunga mahoni, sehingga warnanya cenderung lebih hitam dan pekat. Selain mahoni, lebah madu juga mengkonsumsi nektar dari bunga paitan, kaliandra, dan bunga singkong karet.

Jenis madu yang satu ini juga mempunyai rasa yang lebih pahit dibandingkan madu biasa yang pada umumnya manis. Sumber rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkaloid yang biasa terdapat pada pohon mahoni.

Baca Juga:  Tanam Pohon Di Hulu Cipunagara Subang, Bupati Bilang Begini

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat madu hitam bagi kesehatan:

Pertama. Menurunkan Gula Darah – Manfaat madu hitam bagi kesehatan yang pertama adalah madu hitam dapat dipercaya sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, madu hitam sangat baik untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

Kandungan gula dalam madu hitam juga diketahui lebih sedikit dibandingkan dengan madu biasa. Oleh karena itu madu hitam dipercaya sangat bagus untuk menurunkan kadar gula darah karena kandungan gulanya yang rendah.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Janji akan Perjuangkan Cita-cita Almarhum Arifin Panigoro

Kedua. Menurunkan Kadar Asam Urat – Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang berikutnya adalah bermanfaat bagi para penderita radang persendian dan nyeri pada sendi-sendi tubuh yaitu penyakit asam urat.

Tanda-tanda seseorang terkena penyakit asam urat diantaranya adalah gejala nyeri pada sendi, pembengkakan, hingga membuat penderitanya sulit bergerak. Gunakan madu hitam untuk dikonsumsi secara rutin agar kadar asam urat dapat kembali secara normal.

Baca Juga:  Salma dan Nabilah Siap Memperebutkan Gelar Juara Indonesian Idol XII, Siapakah Juaranya?

Ketiga. Melancarkan Aliran Darah ke Otak – Manfaat madu hitam pahit juga berhubungan dengan otak dan sistem saraf. Antioksidan flavonoid dalam madu hitam dipercaya bisa mempercepat regenerasi sel-sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang.

Anda yang ingin menjaga daya ingat hingga tua juga bisa mengkonsumsi madu hitam secara rutin. Pasalnya, kandungan flavonoid di dalam madu tersebut bisa membantu melancarkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak akan tetap terpelihara. (Red)