Hari Ini, Tiga Kali Gempa Bumi Guncang Nias Selatan

JABARNEWS | NIAS SELATAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi guncang Kabupaten Nias Barat, Sumatara Utara diguncang gempa bumi sebanyak 3 kali, tidak berpotensi tsunami, Sabtu (19/6/2021).

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto menjelaskan, gempa bumi pertama bermagnitudo 4.1 terjadi pukul 02.34 WIB. Episenter gempa terletak pada koordinat 0.33 Lintang Utara dan 96.54 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 124 km Barat Daya, Nias Barat di kedalaman 10 Km.

Baca Juga:  Masyarakat Karawang Bersatu Gruduk Kantor ESDM Jabar

Kemudian kembali terjad gempa bumi dengan magnitudo 3.7 pada pukul 07.20 WIB, titik koordinat terletak pada 0.89 Lintang Utara dan 96.70 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 84 km Barat Daya, Nias Barat di kedalaman 23 Km.

“Kemudian gempa susulan ber magnitudo 3.7 pada pukul 07.37 WIB, titik koordinat 0.29 Lintang Utara dan 96.70 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 98 km Barat Daya, Nias Barat di kedalaman 22 Km.

Baca Juga:  Jalur Salopa Sempat Tertutup Longsor, BPBD: Jalan Sudah Dibuka

Menurutnya, penyebabnya terjadinya gempa bumi di Kabupaten Nias Barat akibat aktivitas subduksi. Sampai saat ini tidak ada laporan dampak dari gempa dirasakan masyarakat dan tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga:  Aturan Baru OJK Tentang KBMI, Tak Pengaruhi Operasional Bank Bjb

“Akibat aktivitas subduksi dan tidak ada laporan dirasakan masyarakat serta tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala BPBD Nias Barat, Filifo Daeli menjelaskan, belum ada mendapat laporan dari masyarakat merasakan guncangan gempa bumi di Kabupaten Nias Barat.

“Masyarakat kita minta tenang dan tidak menerima isu yang tidak ada kebenarannya terkait gempa bumi bilangnya. (Ptr)