Tiga Jenis Olahraga Ini Cocok Dilakukan Oleh Pengidap Penyakit Jantung

JABARNEWS | BANDUNG – Olahraga adalah salah satu langkah pencegahan penyakit jantung. Aktif bergerak dan rutin berolahraga bisa memperkuat otot jantung, menjaga berat badan ideal, dan mencegah kerusakan arteri.

Rajin melakukan olahraga juga bisa mengontrol kolesterol, gula darah, dan tekanan darah yang jadi biang penyakit jantung dan stroke. Namun, penderita penyakit jantung tak boleh asal-asalan menjalankan olahraga.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh pengidap penyakit Jantung yakni:

Baca Juga:  Ditengah Pandemi Covid-19 UBP Karawang Tetap Lakukan KKN

Pertama. Jalan Kaki – Olahraga pertama yang cocok dilakukan oleh pengidap penyakit jantung yakni jalan kaki. Olahraga satu ini merupakan yang paling mudah dilakukan, kapan saja dan bisa di mana saja.

Meski terlihat tidak banyak mengeluarkan tenaga, nyatanya jalan kaki bisa membantu meningkatkan denyut jantung dan aliran darah, sehingga baik dilakukan untuk pengidap penyakit jantung. Lakukan secara rutin setiap pagi setidaknya 30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:  Mengenal Sejarah Cadar Sebagai Salah Satu Penutup Aurat Dalam Syariat Islam

Kedua. Yoga – Olahraga selanjutnya yang cocok dilakukan pengidap penyakit jantung adalah yoga. Manfaat yoga untuk kesehatan tubuh dan pikiran sudah tidak bisa diragukan lagi. Olahraga yang menyatukan gerakan fisik, pernapasan, dan meditasi ini pun ternyata direkomendasikan untuk para pengidap penyakit jantung.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Cardiopulmonary Rehabilitation and Prevention menyebutkan yoga terbukti memiliki efek yang menguntungkan terhadap peradangan sistemik, stres, sistem saraf otonom jantung, dan faktor risiko kardiovaskular lainnya yang muncul.

Baca Juga:  Puluhan Jurnalis Televisi Positif Covid-19, Ini Pesan IJTI

Ketiga. Berenang – Orang-orang dengan penyakit jantung biasanya juga harus berhadapan dengan berbagai kondisi kesehatan lainnya, termasuk radang sendi atau obesitas. Namun, jangan sampai kondisi ini membuat kamu menjadi malas berolahraga.

Dilansir dari laman US News, berenang menjadi pilihan olahraga terbaik untuk pengidap penyakit jantung yang disertai dengan komplikasi lain, seperti radang sendi. (Red)