Duh! Ratusan Nakes Positif Covid-19, Kabupaten Bandung Kekurangan Tenaga Medis

JABARNEWS | BANDUNG – Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung per Sabtu (19/6/2021), tercatat total tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Covid-19 meningkat menjadi 225 orang. Sebelumnya pada 16 Juni kemarin, jumlah nakes yang positif Covid-19 hanya 212 orang.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, ratusan nakes yang terdiri dari dokter dan perawat itu diketahui bekerja di sejumlah fasilitas kesehatan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bandung.

Rinciannya di empat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalaya 42 orang, Soreang 32 orang, dan RSUD Cicalengka 19 orang. Nakes lainnya yang terpapar tersebar di 62 puskesmas.

Baca Juga:  Layanan SIM Keliling 9 Agustus 2018

“Saat ini, kita telah meminta bantuan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar dapat membantu kekurangan nakes, akibat banyaknya nakes yang terpapar,” kata Dadang, Sabtu (19/6/2021).

“Itu pun belum semuanya terdata karena klinik atau rumah sakit swasta belum melaporkan jumlah nakesnya yang terpapar,” tambahnya.

Dadang menjelaskan, ke-225 nakes tersebut diduga tertular virus Corona saat kontak langsung melayani masyarakat. Salah satu faktor yang memicu para nakes itu terpapar virus Corona, karena kondisi fisik yang kurang prima.

Baca Juga:  Satgas Covid-19: Harga Test Swab yang Melebihi Ketentuan, Laporkan!

“Tentunya tertular dari pasien. Nakes pastinya sudah dilengkapi APD sesuai levelnya, bahkan sudah divaksin. Namun umumnya mereka kecapean, sehingga imunnya turun jadi rentan tertular virus Corona,” jelasnya.

Hingga saat ini, sebagian besar nakes positif Covid-19 masih menjalani isolasi mandiri, sisanya dirawat di rumah sakit. Dadang berharap, nakes yang terpapar Covid-19 tidak terus bertambah dan mendoakan para nakes yang terpapar segera sembuh.

Baca Juga:  Polri Prediksi Bakal Ada 230 Ribu Kendaraan per Hari saat Arus Balik Mudik

“Tentunya kita doakan agar mereka segera sembuh dan kita berharap para nakes yang terpapar tidak terus bertambah,” tutupnya.

Sebelumnya, Kabupaten Bandung kembali dinyatakan masuk zona merah penyebaran Covid-19 setelah Idul Fitri 2021 yang dipicu peningkatan kasus terpapar Covid-19 secara signifikan.

Dari data Satgas Covid-19 Kabupaten Bandung, hingga Jumat (18/6/2021), sudah ada penambahan sekitar 245 kasus positif Covid-19 dari total terkonfirmasi tercatat 16.838 kasus. Angka tersebut terus bertambah sejak libur panjang Lebaran. (Red)