Waduh! Positif Covid-19, Wabup Erwan Setiawan Dilarikan ke RSUD Sumedang

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan terkonfirmasi positif Covid-19 dan dibawa ke RSUD Sumedang, Minggu (20/6/2021).

Erwan dibawa ke RSUD karena kondisi kesehatannya semakin memburuk pasca dinyatakan positif Covid-19. Erwan diberangkatkan dari rumah dinas, Jalan Prabu Geusan Ulun, Kota Sumedang yang sebelumnya menjalani isolasi mandiri.

“Betul, wabup dibawa ke RSUD Sumedang dari Rumdin,” kata putra sulung wabup Daffa kepada wartawan.

Baca Juga:  Bergidik Ngeri! Teror Rumah Hantu Cianjur Bikin Warga Lari Terbirit-birit

Sementara, Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Kabupaten Sumedang, Dr. Iwa Kuswaeri mengatakan, terkonfirmasi Covid-19 saat ini di Sumedang mencapai 57 orang.

Berkaca dari itu, kata dia, menambah kalkulasi jumlah penderita Covid-19 di Sumedang dan hampir menembus angka 5 Ribu orang. Menurutnya, jumlah terkonfirmasi Covid-19 hingga hari ini (Minggu) mencapai 4.987 orang, dengan tambahan hari ini sebanyak 57 orang terkonfirmasi positif.

Baca Juga:  Aturan Baru! Penumpang Kereta Api Jangan Harap Bisa Naik Jika Tak Bawa Bukti Ini

Iwa mengatakan, keterisian ruang rawat inap di RSUD saat ini mencapai 81.52 persen. “BOR (Bed Occupancy Ratio) RSUD saat ini mencapai 81.52 Persen. Ini sudah over capacity,” tuturnya.

Karena ruangan yang kosong itu diperuntukkan untuk pasien dengan kebutuhan khusus termasuk untuk ibu hamil. Menurut Iwa, satgas Covid-19 Kabupaten Sumedang akan menyiapkan tambahan ruang rawat di beberapa alternatif terutama untuk pasien dengan status isolasi mandiri.

Baca Juga:  Marak Beredar Jelang Ramadan, BI Minta Masyarakat Waspada Uang Palsu

Dikatakan, ada beberapa tempat alternatif, seperti di Polres, Unpad, hotel, termasuk juga barak TNI.

Dia juga mengimbau agar masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan. “Jumlah terkonfirmasi Covid-19 yang dilaporkan adalah yang berhasil di data pemerintah. Kondisi di lapangan, bisa jadi ribuan,” tutupnya. (Red)