Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Keterisian RS di Lima Daerah Jabar Ini Menipis

JABARNEWS | BANDUNG – Pasien Covid-19 di Jawa Barat hingga hari ini tercatat terus bertambah. Akibatnya angka keterisian tempat tidur (BOR) di Jawa Barat terus menipis. Tercatat ada lima daerah di Jawa Barat dengan angka BOR rumah sakit yang sudah sangat minim.

Menurut Ketua Harian Satgas Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad, saat ini ada lima daerah dengan angka BOR yang cukup kritis, atau nyaris penuh. Yaitu Kabupaten Purwakarta 95,5%; Kabupaten Majalengka 93,2%: Bandung Barat 90,4%; Kabupaten Bandung dan Kota Bandung pada kisaran 88%.

Baca Juga:  Mengenal Varian Mobil Baru dari Chevrolet

“Yang cukup mengkhawatirkan BOR di Kota Bandung yaitu sudah sampai 88 persen. Namun dari jumlah itu, 66 persen pasien diisi oleh warga luar Kota Bandung,” kata Daud sebagaimana dikutip dari kanal Youtube Pusdalops BNPB dalam rakor Satgas Covid-19, Minggu (20/6/2021).

Baca Juga:  Ini Cara Warga Kampung Cikukulu Cianjur Berkurban di Idul Adha

Saat ini, kata dia, total tempat tidur untuk pasien Covid di rumah sakit di Jawa Barat mencapai sekitar 14.000 tempat tidur. Jumlah itu ditopang oleh sekitar 382 rumah sakit yang tersebar di kota dan Kabupaten di Jawa Barat. Dari 382 rumah sakit, terdapat 54.458 tempat tidur.

“Kami akan konversi atau penambahan tempat tidur kudus pasien Covid sebanyak 2.227 unit. Di mana setiap rumah sakit di Jawa Barat tanpa terkecuali harus menyiapkan 30 hingga 40 persen kapasitasnya untuk pasien Covid-19,” beber dia.

Baca Juga:  KRL Bogor Di Bantu 150 Bus Gratis Serta Tambah Jam Operasional, Ini Waktunya

Kendati begitu, untuk menanggulangi peningkatan kasus Covid ini, pihak nya tak hanya fokus menambah kapasitas rumah sakit, tetapi juga mengambil sejumlah kebijakan. Diantaranya pengetatan pelaksanaan PPKM mikro di tingkat RT hingga pencegahan kerumunan di tingkat komunitas. (Red)