Tiga Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Diantaranya Konsumsi Makanan Kaya Serat

JABARNEWS | BANDUNG – Kolesterol yang terlalu tinggi bisa mengganggu kesehatan Anda secara keseluruhan. Penting untuk Anda mempraktekkan berbagai macam cara menurunkan kolesterol. Dengan melakukannya, kesehatan Anda dapat terjaga.

Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis bahan alami agar jumlah kolesterol dalam tubuh lebih terkontrol. Meski demikian, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Apalagi jika Anda sedang mengkonsumsi jenis obat tertentu.

Oleh Sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi yakni:

Baca Juga:  Wali Kota Oded : Profesi Wartawan Mengemban Tugas Kenabian, Karena Sampaikan Kebenaran

Pertama. Makan makanan tinggi serat – Cara menurunkan kolesterol tinggi yang pertama yakni Konsumsi makanan tinggi serat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Selain bisa memangkas kadar kolesterol, asupan kaya serat juga mengandung bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan pencernaan. Beberapa jenis makanan tinggi serat di antaranya biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.

Baca Juga:  Cantiknya Curug Wangun, Bikin Mata Sulit Berkedip

Kedua. Batasi asupan gula – Menurut Cleveland Clinic, tingginya asupan gula membuat hati memproduksi lebih banyak kolesterol jahat (LDL). Selain itu, konsumsi gula berlebihan juga bisa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menghambat enzim pemecah kolesterol trigliserida.

Agar kolesterol dan gula darah tetap stabil, batasi asupan gula dengan meminimalkan minuman manis, makanan olahan, sampai karbohidrat bertepung. Tentunya hal tersebut bisa kalian lakukan.

Baca Juga:  In-Kyun: Laga Final Jadi Ajang Pembuktian Pemain Korsel

Ketiga. Konsumsi Makanan yang Kaya Omega-3 – Cara menurunkan kolesterol tinggi selanjutnya yakni dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3. Makanan dengan kandungan tinggi omega-3 merupakan jenis makanan yang disarankan bagi pengidap kolesterol tinggi.

Pasalnya, makanan kaya omega-3 dapat membantu turunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah. Beberapa pilihan makanan kaya omega-3 yang disarankan adalah ikan salmon, mackerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia. (Red)