Tiga Hal Yang Bisa Dilakukan Ketika Asma Kambuh Di Tempat Umum

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi para pengidapnya, asma bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Jika pengidap lupa membawa inhaler untuk mengatasi asma, penyakit ini akan sulit untuk disembuhkan.

Lantas, bagaimana jika kondisi tersebut terjadi? Apakah ada langkah yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama? Jawabannya adalah ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan ketika asma kumat disaat yang tidak tepat.

Oleh sebab itu kami berhasil merangkum beberapa hal yang bisa kalian lakukan ketika asma kambuh di tempat umum yakni:

Baca Juga:  Ini Alasan 4 Paslon Pilgub Ajak Masyarakat Tak Golput

Pertama. Tetap Tenang – Saat kamu mengalami kekambuhan asma, langkah pasti yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Kamu dapat mengatur napas secara perlahan, agar nafas tidak terlalu cepat.

Usahakan untuk mengendurkan pakaian yang sempit agar laju napas tidak terhambat dan menjadi lebih nyaman. Jika menggunakan ikat pinggang, tidak ada salahnya untuk mengendorkannya sementara hingga pertolongan tiba.

Baca Juga:  Ini Pesan MUI Hadapi Tahun Politik

Kedua. Duduk Tegak – Saat gejala asma muncul secara mendadak, segera hentikan aktivitas dan duduk dengan tegak. Posisi badan yang tegak dapat membuat kamu bernapas dengan lebih lega.

Hindari posisi berbaring atau bungkuk, karena dapat membuat saluran napas semakin tersumbat dan memicu munculnya gejala yang semakin parah. Dengan begitu kalian bisa mengikuti cara satu ini.

Baca Juga:  Omnibus Law Disahkan, Ini Deratan Dampak Buruk yang Dirasakan Buruh

Ketiga.Tarik Napas – Menarik napas dalam dan panjang menjadi salah satu langkah mengatasi asma. Serangan asma akan menyebabkan ketidakseimbangan kadar oksigen dan karbondioksida yang mengganggu aliran darah menuju otak.

Jika dibiarkan, pengidap bisa saja mengalami penurunan kesadaran akibat kurangnya suplai oksigen dalam otak. Menarik napas panjang dapat mendorong keseimbangan oksigen dan karbondioksida dalam otak. (Red)