Dadang Kurniawan Ungkap Masalah Kelautan dan Perikanan Jabar, Ini Katanya

JABARNEWS | BANDUNG – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan mengungkapkan bahwa salah satu penyebab belum optimalnya pemanfaatan potensi perikanan dan kelautan di wilayah Jabar Selatan karena Minimnya jumlah Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sektor perikanan dan kelautan kita memiliki potensi besar, terutama di laut selatan ini belum digali lebih banyak,” kata Dadung, sapaan akrabnya, Sabtu (5/6/2021).

Baca Juga:  Tiga Cara Membuat Hidup Tenang Menurut Syariat Islam

Disamping minimnya SDM, Dadung juga menyoroti, permasalahan ancaman bahaya limbah sampah dan limbah hasil dari kegiatan pengerukan pasir besi di sejumlah wilayah di pantai selatan Jabar.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar harus mengantisipasi dampak dari kegiatan pengerukan pasir besi tersebut yang berpotensi akan merusak wilayah tepi pantai dan menimbulkan dampak-dampak buruk lainnya.

Baca Juga:  Peringatan 36 Tahun Galunggung Meletus, Pemkab Doa Bersama

“Jadi sebaiknya kalau bisa dihentikan ini lebih bagus. Terlebih lagi ada potensi lobster yang terdapat di wilayah Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Kalau tidak diperhatikan masalah limbah ini dapat mengancam ekosistem lobster,” tuturnya.

Oleh karena itu, Dadung meminta, permasalah limbah tersebut harus dapat ditanggapi serius oleh Pemprov Jabar dengan segera melahirkan solusi-solusi terbaik salah satunya dengan menghadirkan para ahli. Disisi lain dukungan anggaran pun sangat dibutuhkan, untuk memastikan potensi-potensi dari sektor kelautan dan perikanan dapat dimanfaatkan secara optimal.

Baca Juga:  Satpol PP Kota Bandung Gencar Operasi Yustisi Jelang Natal dan Tahun Baru

“Semestinya mitra komisi dua ini harus dikuatkan untuk mendorong pertumbuhan potensi-potensi mereka, diperbanyak orangnya, kemudian diperhatikan anggaranya, sehingga mereka bisa mengawasi dengan baik,” pungkasnya. (Red)