Cegah Penularan Corona, ODGJ di Purwakarta Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat melakukan pemeriksaan terhadap puluhan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), termasuk dengan pemberian vaksinasi Covid-19 terhadap ODGJ tersebut.

“Hari ini, ada 35 ODGJ yang sudah kita beri vaksinasi Covid-19,” ujar Sekda Purwakarta, Iyus Permana, kepada Jabarnews, Selasa 22/6/2021).

Iyus mengatakan pelayanan kesehatan terhadap ODGJ ini, dilakukan seiring dengan masih tingginya kasus penularan virus corona, dimana pihaknya pelayanan tersebut bekerjasama dengan RS Jiwa Marzoeki Mahdi, Bogor. Selain Vaksinasi, pelayanannya juga meliputi pemeriksaan, pengobatan ODGJ.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Beri Kelonggaran Usaha Salon Kecantikan dan Arena Permainan Anak

Menurut Iyus, pemeriksaan kesehatan terhadap ODGJ ini sangatlah penting. Terlebih lagi, di masa pandemi seperti saat ini.

“ODGJ ini memiliki komorbid yang berbeda dengan masyarakat sehat pada umumnya. Karenanya, jika mereka terpapar Covid-19, maka akan berbahaya. Serta, bisa menular kepada keluarga yang mengurusnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Menang 2-1 saat Lawan Filipina, Shin Tae-yong Kecewa: Saya Sangat Tidak Senang

Dengan begitu, menurut Iyus, ODGJ menjadi prioritas sasaran penerima program vaksinasi. Mengingat, mereka sangat sulit untuk menerapkan prokes.

“Kami berharap, dengan vaksinasi terhadap ODGJ ini bisa meminimalisasi penularan Covid-19,” ujar Iyus.

Baca Juga:  Pemenang Desain Ibu Kota Baru Diumumkan pada 23 Desember

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, ODGJ yang baru terdaftar mencapai 3.336 orang. Sedangkan, data lama ada 4.611 orang. Adapun ODGJ yang dipasung, jumlahnya 13 orang. Pemkab, akan mencari solusi bagi ODGJ yang dipasung ini, supaya bisa dirawat secara kemanusiaan. (Red)