Ridwan Kamil: Pekan Ini Tidak Ada Zona Merah di Jawa Barat

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam pekan ini tidak ada lagi kabupaten/kota yang berstatus Zona Merah penyebaran Covid-19 atau Risiko Tinggi di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Purwakarta, pada Kamis (24/6/2021).

Adapun pekan sebelumnya, Ridwan Kamil menyebut, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat daerah berstatus Zona Merah di Jabar, sementara kabupaten lainnya berstatus zona kuning dan orange.

Baca Juga:  Bunga Raflesia Tumbuh Mekar di Kebun Raya Bogor

“Sebelumnya masih terdapat zona merah yaitu terakhir Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Kabar baik dapat saya sampaikan, minggu ini tidak ada zona merah di Jawa Barat,” ucap Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jabar.

Ia menambahkan, hasil ini berkat upaya yang di lakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta Pemerintah Kota/Kabupaten dalam menekan penyebaran Covid-19 di seluruh daerah Jawa Barat.

Baca Juga:  Baru Bergabung, Pemain Timnas U-19 Ini Beri Kesan Pertama di Persib

“Nah inilah sebuah upaya yang membuahkan hasil, tapi situasi masih belum normal, tetap harus melakukan upaya seterusnya,” tutur Kang Emil.

Seperti di ketahui sebelumnya, untuk zonasi Bandung Raya sempat berada di zona merah dalam penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi dan Ridwan Kamil Bintang Elektoral Di Jabar, Ini Alasannya

“(Rata-rata) angka reproduksi Covid-19 Jawa Barat ini termasuk yang rendah, karena berada di urutan 26 terendah dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Kalau perkembangan kasus masih stabil, kita berada di zona yang turun. Tidak ada lagi Zona Merah di Jawa Barat. Mudah-mudahan seterusnya seperti itu,” tungkasnya. (Gin)