Berikut Beberapa Obat Tradisional DBD Yang Mudah Ditemukan Di Sekitar Rumah

JABARNEWS | BANDUNG – Demam berdarah Dengue (DBD) adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue, virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti betina. Seseorang yang terkena virus ini akan mengalami beberapa gejala demam berdarah seperti demam tinggi, nyeri otot hingga menimbulkan hilangnya nafsu makan sehingga membuat pengidapnya menjadi lemas.

Untuk mengobati Penyakit DBD, Ada beberapa cara yang bisa klian lakukan seperti pergi ke dokter. Namun, selain itu ada juga beberapa jenis obat tradisional yang dipercaya bisa mengobati Penyakit DBD.

Baca Juga:  Partai Gerindra Masih Wait And See Jelang Pilkada Karawang

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber, berikut beberapa obat tradisional DBD yang Bisa Kalian temukan Sekitar Rumah yakni:

Pertama. Jambu biji – Buah jambu biji adalah obat tradisional yang paling populer untuk penyakit demam berdarah atau DBD. Untuk Anda yang mungkin pernah kena DBD, pasti orangtua atau teman Anda menyarankan untuk makan atau minum jus jambu biji.

Buah ini mengandung trombinol yang mampu merangsang thrombopoietin. Trombopoietin adalah senyawa aktif dalam tubuh yang memicu pembentukan keping darah baru sehingga menaikkan jumlah trombosit.

Baca Juga:  Merajut Yuk, Motorik Terasah, Stres Pun Hilang

Kedua. Beras angkak – Angkak adalah jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Ada berbagai penelitian yang dilakukan untuk membuktikan angkak sebagai obat herbal DBD.

Salah satunya adalah penelitian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2012 yang menunjukkan bahwa kapsul ekstrak angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih dengan kadar trombosit rendah.

Baca Juga:  Bupati KBB Tersangka, PDIP Tetap Dukung Istrinya Nyalon

Ketiga. Daun pepaya – Tidak hanya sedap dijadikan lauk makan nasi, daun pepaya juga berpotensi baik sebagai obat tradisional penyembuh DBD. Ada dua penelitian berbeda dari India yang menyelidiki kompilkasi laporan manfaat daun pepaya sebagai obat demam berdarah alami.

Kesimpulannya, ekstrak daun pepaya dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah pengidap demam berdarah. Ini diduga karena daun pepaya membantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue. (Red)