Ini Provinsi Penyumbang Kasus Covid-19 Terbanyak di Indonesia, Jabar Kedua

JABARNEWS | JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 merilis ada lima provinsi yang mencatatkan kenaikan kematian tertinggi di Indonesia.

Kelima provinsi tersebut yaitu DKI Jakarta naik sebesar 200 kasus, Jawa Tengah naik sebesar 96 kasus, Jawa Timur naik sebesar 79 kasus, Jawa Barat naik sebesar 73 kasus, dan Lampung naik sebesar 72 kasus.

Selain itu, terdapat lima provinsi di Pulau Jawa yang berkontribusi terhadap kenaikan kasus positif. Yakni DKI Jakarta yang naik sebesar 13.022 kasus, Jawa Barat yang naik sebesar 6.449 kasus, Jawa Timur naik 1.756 kasus, DIY yang naik sebesar 1.322 kasus, dan Jawa Tengah yang naik 1.012 kasus.

Baca Juga:  Ridwan Kamil akan Sampaikan Pemulihan Sungai Citarum di Konferensi Dunia COP26

“Hanya DIY yang angka kematiannya tidak meningkat tajam sehingga tidak masuk ke dalam lima besar,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dikutip dari fin.co.id, Minggu (27/6/2021).

Baca Juga:  Hari Pertama Larangan Mudik, GT Palimanan Cipali Terpantau Lenglang

Perlu dijadikan catatan, bahwa meskipun Provinsi Lampung kenaikannya tidak tajam, namun kematiannya masuk ke dalam 5 besar tertinggi.

Hal ini menunjukkan bahwa efek dari periode libur panjang bisa terjadi dalam berbagai bentuk, salah satunya dengan kenaikan kematian.

Baca Juga:  Capai 40%, Pemprov Jabar Optimis Proyek Masjid Terapung Al-Jabbar Rampung Sesuai Target

“Pembelajaran yang dapat diambil adalah kesiagaan daerah terhadap situasinya masing-masing merupakan kunci untuk mengendalikan kasus”, jelasnya.

Kenaikan kesembuhan yang tidak terlalu signifikan di minggu ini, yaitu 20.1 persen, juga menunjukkan bahwa perlu segera dilakukan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan agar kematian dapat dicegah dan kesembuhan dapat ditingkatkan. (Red)