Kebanyakan Terpapar dari Pasien, Ratusan Nakes di Majalengka Positif Covid-19

JABARNEWS | MAJALENGKA – Ratusan tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Majalengka dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. 

Dengan kondisi tersebut, para nakes yang ada kini harus bekerja keras dalam memberikan perawatan terhadap para pasien, baik pasien umum maupun pasien Covid-19.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, hingga Sabtu (26/6/2021), tercatat ada 162 nakes yang terpapar Covid-19. 

Dari jumlah itu, sebanyak 97 nakes bertugas di puskesmas, 30 nakes di RSUD Majalengka, dan 35 nakes di RSUD Cideres.

Baca Juga:  Obor Asian Games, Taufik Hidayat Kagumi Anstusiasme Warga Bandung

“Itu merupakan jumlah 14 hari ke belakang,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Agus Susanto, Minggu (27/6/2021), dikutip dari Republika.

Dia menyatakan, para nakes yang terpapar Covid-19 itu seluruhnya hanya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Mereka kebanyakan merupakan orang tanpa gejala (OTG).

Agus Susanto mengungkapkan, para nakes yang terpapar itu mayoritas sudah melaksanakan program vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Kebanyakan dari mereka terpapar dari pasien.

Baca Juga:  Gara-gara Ini, Mensos Tri Rismaharini Panen Kritik

Dia menambahkan, meski ratusan nakes terpapar Covid-19, pelayanan kesehatan di puskesmas maupun dua RSUD milik Pemkab Majalengka tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

Dia menyatakan, para nakes yang ada saat ini saling membagi tugas meskipun beban kerja mereka jadi berlipat. “Doakan saja kami insan kesehatan diberi kekuatan,” tutur Agus Susanto.

Ketika ditanyakan apakah akan merekrut relawan nakes, Agus Susanto menyatakan, hingga saat ini belum dilakukan. Menurutnya, langkah tersebut kini sedang disusun perencanaan pelaksanaannya.

Baca Juga:  Ibu Hamil Minum Air Kelapa Bisa Membuat Bayi Putih Bersih? Ini Kata dr. Nadia Alaydrus

Sementara itu, lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Majalengka terus mengalami lonjakan. Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Majalengka, pada Sabtu (27/6/2021) terdapat penambahan kasus Covid-19 sebanyak 180 orang dibandingkan sehari sebelumnya. 

Dengan penambahan tersebut, maka total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Sabtu (26/6/2021) mencapai 5.575 orang. (Red)