Ma’ruf Amin Sebut Papua Jadi Prioritas Percepatan Pembangunan Pemerintah

JABARNEWS | JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut Provinsi Papua dan Papua Barat menjadi prioritas percepatan pembangunan pemerintah.

Hal ini diiringi terbitnya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Selain itu, ada juga Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Baca Juga:  Dinkes dan Disdik Kabupaten Tasikmalaya Butuh Pegawai

“Pemerintah tidak hanya melihatnya sebagai suatu kewajiban untuk memperlakukan sama dengan daerah lain, tapi justru ingin lebih memberikan prioritas mempercepat,” kata Wapres Ma’ruf Amin, Minggu (27/6/2021).

Dia menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan program quick wins yang telah dipetakan hingga tahun 2024.

Program tersebut mencakup bidang pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, usaha mikro dan kecil, ketenagakerjaan, infrastruktur, dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang akan diimplementasikan secara sistematis dan bertahap.

Baca Juga:  Bersama Delapan Kepala Daerah, AHY Rumuskan Perdamaian Jelang 22 Mei

“Masih banyak yang tertinggal kesejahteraan di Papua ini. Untuk itu, maka kita buat langkah-langkah dengan program jangka panjang, menengah, dan pendek untuk mempercepat langkah-langkah ini,” jelasnya.

Terkait dengan rencananya berkunjung ke Papua dan Papua Barat, Wapres menerangkan bahwa dirinya sedang menunggu konfirmasi dan koordinasi dari pihak keamanan dan pemerintah daerah untuk bisa segera berkunjung menemui para tokoh Papua sehingga dapat berdialog terkait upaya penyejahteraan di wilayah tersebut.

Baca Juga:  Perayaan KAA Ke-64, Kota Bandung Perkenalkan Taman Asia Afrika

“Saya akan berencana ke Papua untuk bertemu dengan tokoh-tokoh lokal. Sedang diatur untuk waktu yang tepat dengan pemerintah daerah, dengan pihak keamanan,” tutupnya. (Red)