Tiga Penyebab Jantung Koroner, Salah Satunya Jarang Olahraga

JABARNEWS | BANDUNG – Penyakit jantung koroner adalah kondisi ketika pembuluh darah utama yang memberi pasokan darah, oksigen, dan nutrisi untuk jantung menjadi rusak. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh plak kolesterol dan proses peradangan.

Gangguan pada pembuluh darah jantung ini menghambat aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke jantung. Penderita penyakit jantung koroner acapkali tidak menyadari penyakitnya selama beberapa tahun.

Baca Juga:  Viral Di Medsos, Karta Ini Bantah Pesta Miras

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa penyebab Jantung Koroner yakni:

Pertama. Merokok – Kebiasaan merokok merupakan penyebab penyakit jantung koroner karena paparan nikotin dan karbon monoksida rokok membuat jantung bekerja lebih cepat.

Hal itu membebani kinerja jantung sekaligus meningkatkan risiko pembekuan darah yang bisa memicu penyakit jantung. Selain itu, bahan kimia dalam asap rokok dapat merusak lapisan arteri koroner.

Baca Juga:  11 Santri di Ciamis Tewas saat Susur Sungai, Uu Ruzhanul Ulum: Mereka Mujahid Fisabilillah

Kedua. Kolesterol tinggi – Kolesterol adalah lemak yang dihasilkan oleh organ hati dan dapat didapatkan dari makanan tertentu yang masuk ke tubuh. Tubuh membutuhkan kolesterol dalam jumlah kecil agar kinerjanya tetap optimal.

Namun, kolesterol yang terlalu banyak di dalam darah dapat menumpuk dan membentuk plak penyebab penyakit jantung koroner.

Baca Juga:  Dua Kampung Di Cianjur Disapu Puting Beliung

Ketiga. Kurang olahraga – Timbunan lemak rentan menumpuk di pembuluh darah arteri apabila seseorang kurang bergerak dan tidak rajin berolahraga.

Jika arteri yang yang memasok darah ke jantung tersumbat, seseorang bisa mengalami serangan jantung. Sedangkan saat bagian yang tersumbat adalah arteri yang memasok darah ke otak, seseorang dapat mengalami serangan stroke. (Red)