Gempa Bumi Guncang Sejumlah Wilayah di Sumut, BPBD Minta Masyarakat Waspada

JABARNEWS | SAMOSIR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi di beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Utara, Kamis (1/7/2021).

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto menjelaskan, gempa bumi terjadi dengan skala kecil terjadi di Kabupaten Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba Samosir dan Kota Padang Sidempuan.

“Ada 4 daerah yang diguncang gempa bumi, belum ada laporan masyarakat merasakan getaran berasal dari guncangan gempa,” katanya.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Padang Sidempuan, Yasir Nasution mengatakan, gempa bumi terjadi di Padang Sidempuan dengan magnitudo 2.2 tidak ada laporan masyarakat yang merasakan guncangan gempa.

Baca Juga:  Warga Garut Geger Ada Penemuan Mayat Pria di Sebuah Kandang Ayam

“Gempa hari ini dan beberapa kali lalu tidak ada masyarakat yang melaporkan merasakan guncangan berasal dari gempa,” ucapnya.

Ia meminta masyarakat tetap waspada terutama yang berdomisili di sekitar pinggiran perbukitan atau jurang mengingat guncangan gempa dapat menyebabkan pergeseran tanah dan terjadinya longsor.

“Masyarakat diminta tetap waspada dengan menjauhi daerah jurang atau perbukitan apabila merasakan getaran tanah yang berasal dari gempa bumi,” bilangnya.

Data BMKG, gempa bumi bermagnitudo 1.9 pada pukul 08.12 WIB, titik koordinat 2.56 Lintang Utara dan 98.83 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 15 km Tenggara, Samosir di kedalaman 3 Km.

Baca Juga:  1.000 Sanitasi Pedesaan Akan Dibangun Kemenaker-Kemendes

Lalu gempa bumi guncang Tapanuli Utara dengan magnitudo 2.2 pada pukul 08.22 WIB. Titik koordinat 2.15 Lintang Utara dan 98.97 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 15 km Timurlaut, Tapanuli utara di kedalaman 2 Km.

Selanjutnya gempa bumi terjadi di Kota Padang Sidempuan bermagnitudo 1.7 pada pukul 08.33 WIB, koordinat 2.46 Lintang Utara dan 98.86 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 18 km Baratlaut, Toba Samosir di kedalaman 2 Km.

Baca Juga:  Pedas! Artis Nikita Mirzani Sebut Hacker Bjorka Sosok Tukang Ngarang

Kemudian gempa bumi bermagnitudo 2.2 terjadi pukul 08.37 WIB, titik koordinat 1.44 Lintang Utara dan 99.31 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 8 km Timur Laut, Padang Sidempuan di kedalaman 38 Km.

Gempa bumi kembali guncang Samosir dengan magnitudo 1.8 pada pukul 08.45 WIB, koordinat 2.52 Lintang Utara dan 98.69 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 11 km Baratdaya, Samosir di kedalaman 2 Km. (Ptr)