Bupati Cianjur Agendakan Gejrot, Masyarakat Boleh Mintakan Hal Ini

JABARNEWS | CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak di berbagai wilayah.

Penyemprotan disinfektan itu melibatkan petugas gabungan dari unsur BPBD, polres, Dinas Kesehatan, PMI, dan menyasar di seluruh rukun tetangga.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, penyemprotan disinfektan rutin dilakukan setiap Jumat, sebagai upaya meminimalisasi penularan COVID-19. 

Penyemprotan disinfektan juga dilakukan menjelang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Menjelang pemberlakuan PPKM Darurat, kami bersama petugas gabungan melakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di semua titik di Cianjur. Penyemprotan akan dilakukan secara rutin setiap hari Jumat, selama pandemi masih terjadi,” kata Herman Suherman, di Cianjur, Jumat (2/7/2021).

Baca Juga:  Program Karaos, Wakil Bupati Cianjur: Harus Jawab Masalah Para Petani

Penyemprotan disimfektan, terang dia, akan menjadi agenda mingguan dengan nama Gerakan Jumat Nyemprot (Gejrot). Penyemprotan akan dilakukan di setiap kecamatan hingga tingkat RT di masing-masing desa yang ada mulai dari utara hingga selatan Cianjur.

Untuk menekan angka penularan COVID-19 di Cianjur, pihaknya juga terus memperketat pemeriksaan dan pengawasan terhadap kendaraan dari luar kota dengan tujuan Cianjur, sedangkan mereka yang tidak mengantongi surat keterangan bebas COVID-19 antigen dilarang melintas daerah tersebut.

Baca Juga:  Dikira Ledakan Lampu, Peluru Nyasar Masuk Rumah Warga di Cibungbulang Bogor

“Termasuk mengimbau pelaku usaha dan pengelola tempat wisata agar menerapkan prokes lebih ketat bagi karyawan dan tamu yang datang, sebagai bentuk upaya bersama menekan angka penularan COVID-19, sehingga Cianjur dapat kembali ke zona hijau,” katanya.

Untuk penyemprotan disinfektan, pihaknya mengimbau warga melakukan secara mandiri atau meminta penyemprotan ke dinas terkait atau PMI Cianjur, yang selama ini telah melakukan penyemprotan rutin mulai dari perkantoran, sekolah, hingga perkampungan.

Baca Juga:  Soal Sampah Yang Menggunung Di Subang, Ini Kata Dinas Lingkungan Hidup

Sekretaris PMI Cianjur, Heri Hidayat, mengatakan selama pandemi, pihaknya banyak mendapatkan permintaan penyemprotan disinfektan dari berbagai kalangan di daerah itu sebagai upaya antisipasi penularan virus berbahaya itu.

“Untuk penyemprotan, kami banyak mendapat permintaan dari berbagai kalangan, termasuk menjelang pembelajaran tatap muka dari sekolah-sekolah dan kampus. Untuk saat ini, kita fokuskan penyemprotan di kantor dan perumahan, kalau ada yang membutuhkan dapat datang ke PMI,” katanya. (Red)