Begini Cara Mudah Menyetel Rem Mobil Yang Benar

JABARNEWS | BANDUNG – Menyetel rem mobil, perlu kalian ketahui bahwa rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk sebuah kendaraan, entah itu mobil ataupun motor yang perlu Menyetelnya.

Untuk Cara menyetel rem ini memiliki beberapa langkah dan juga apa saja alat yang perlu disiapkan. Seperti obeng, kemudian anti karat yang memudahkan kita untuk melepas tromol, dongkrak, kunci shock dan masih ada beberapa alat lain yang diperlukan.

Baca Juga:  Upaya Bunuh Diri Gan Bonddilie, AKAR Jabar: Murni Suara Perjuangan

Oleh sebab itu berikut beberapa cara mudah untuk menyetel rem mobil yakni:

Pertama. Langkah yang pertama cara menyetel rem mobil ini adalah dengan cara cek terlebih dahulu ketebalan kampas rem-nya. Jika kurang dari 1 atau 2 mm, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Selanjutnya ambil obeng minus lalu putar ke arah bagian atas gigi penyetel, maka dari itu akan terdengar suara klik ketika saat di putar, kemudian hitung dari 5 sampai 10 klik. Ketika saat di putar penyetel brake shoe bakal mengembang.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Salurkan Zakat Rp. 2,4 Miliar Kepada Petugas Operasional

Sesudah itu masukan drum brake dan usahakan tromol bisa masuk dengan mudah, apabila tidak dapat masuk berarti setelan kampas rem terlalu keluar ataupun penyetelan putaran-nya terlalu banyak.

Berikutnya masukan kembali drum brake dan harus berputar dengan gampang, karena apabila tidak dapat berputar dengan gampang atau penyetelan kampas rem terlalu keluar maka akan menyebabkan drum brake tidak bekerja secara maksimal.

Baca Juga:  Begini Dampak Yang Ditimbulkan Jika Kalian Terkena HIV AIDS

Lalu yang terakhir pasang lagi rodanya dengan benar dan kencangkan mur roda dan masukan kabin kemudian cek ada beberapa klik suara rem tangan ketika hendak di tarik tuas rem tangan umumnya 6 hingga 7 klik setelah penyetelan belakang. (Red)