Mengenal Situs Batu Meja Di Sukabumi Yang Kaya Akan Sejarah

JABARNEWS | BANDUNG – Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi selama ini dikenal dengan banyaknya objek wisata yang menawarkan berbagai keindahan. Tetapi tak hanya itu saja.

Disana juga terdapat tempat-tempat yang kental dengan cerita rakyat dan sejarah, diantaranya Batu Meja yang diyakini warga merupakan tempat berkumpul atau kongkow para Pejuang di selatan Sukabumi yang melawan penjajah.

Baca Juga:  Atlet Sepeda Nasional Diduga Ditabrak Oknum Polisi

Batu meja berada di Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Lokasinya berjarak sekitar 10 kilometer dari kantor Desa Cibenda dan akses menuju lokasi tersebut masih berupa jalan setapak.

Ada beberapa jalan menuju lokasi tersebut salah satunya lewat Kampung Bantarlimus maupun melalui wisata Puncak Manik harus ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri bantaran Sungai Ciletuh.

Baca Juga:  Bupati Buka Kedok ASN Tak Netral Saat Pilkada

Baik dari Kampung Bantarlimus maupun wisata Puncak Manik, Untuk menuju ke lokasi Batu Meja tersebut, kalian membutuhkan waktu tempuh 1,5 jam dengan berjalan kaki.

Batu tersebut begitu datar dan bisa dijadikan tempat berkumpul, di atas batu ini nampak pemandangan sisi bukit lainnya. Sebab Batu Meja berada di lembah diantara beberapa tebing.

Baca Juga:  Berputar Di Udara, Tim Pegasus Memang Top

Sementara itu, tokoh masyarakat, Naptudin (60 tahun) mengatakan dari cerita turun-temurun lokasi tersebut dijadikan tempat berkumpulnya para Pejuang dari berbagai wilayah Pajampangan setelah melakukan perlawanan terhadap penjajah. (Red)