Live Stream Bandung 132 TV


Menakar Prioritas Anggaran Di Tengah Ledakan Covid

Vitriastuti, (Foto: Istimewa)

Penulis: Vitriastuti S.Si.

Setiap hari kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penambahan dan terus melonjak. Garda terdepan ketika Ledakan Covid terjadi adalah Tenaga Kesehatan. Namun apa daya tenaga dan layanan kesehatan kini sedang dirundung nestapa.

Baca Juga:

Nasabah Diajak Ikut Berkreasi Pada Platform Medsos Di Challenge Festival Bjb

PWI Mengetuk Pintu Langit, M.Nuh: Ikhtiar Spiritual Luar Biasa Melawan Covid-19



Nakes yang seharusnya mendapatkan insentif setiap bulan, mengalami kemacetan sehingga tidak dapat diterima tepat waktu. Ketua Satgas COVID-19 DPP PPNI Jajat Sudrajat manyampaikan "Banyak keluhan yang belum dibayarkan sejak Januari,". Jajat pun menambahkan "Saat ini kondisi rumah sakit banyak yang overload pasien, kekurangan petugas (nakes) dan kekurangan alat medis/kesehatan diantaranya oksigen dan ventilator" (Sumber: detik.com).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan sedang berupaya menuntaskan tunggakan klaim rumah sakit rujukan COVID-19. Total tunggakan yang belum dibayarkan pada tahun anggaran 2020 mencapai Rp22,08 triliun. Untuk yang Rp526 miliar kini, kata dia, sudah mulai proses transfer ke rumah sakit. Sedangkan yang Rp489 miliar sudah ada di Kemenkeu dan sebentar lagi dapat dilakukan proses transfer. Rita mengatakan tunggakan ini terjadi lantaran penyaluran anggaran melewati sejumlah proses di antaranya adalah review dengan BPKP. (Sumber: tirto.id)

Kondisi ini jelas tidak baik, bila pemerintah tidak memfasilitasi kemudahan pencairan anggaran. Maka, hal tersebut akan berdampak buruk bagi pelayanan kesehatan khususnya yang menangani Covid 19. Orang yang sakit memerlukan penanganan segera, jika terkendala masalah biaya dan terjadi penunggakan, maka yang tergadaikan adalah nyawa manusia.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Prioritas Anggaran Nergara Anggaran Covid-191 Anggaran Pembangunan APBN APBD jabarnews berita Jwa barat Berita Terkini

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi