Buah Jujube, Kurma Asia Yang Memiliki Beragam Manfaat

JABARNEWS | BANDUNG – Jujube adalah buah kecil dari pohon Ziziphus jujuba yang banyak tumbuh di Asia Selatan. Karena bentuknya, buah ini dikenal dengan sebutan kurma merah atau kurma Cina.

Buah jujube memiliki rasa manis dengan tekstur yang chewy. Dengan rasanya tersebut, buah ini sering dikeringkan dan dijadikan permen atau dessert di negara-negara Asia. Tak hanya enak, jujube juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Baca Juga:  Belum Yakin Dengan Hanura & PDIP, Ketua Kadin Purwakarta Lamar Partai Poros Lawan

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat buah jujube bagi kesehatan yakni:

Pertama. Melawan radikal bebas – Jujube merupakan buah yang kaya dengan molekul antioksidan, termasuk flavonoid, polisakarida, serta triterpenic acid. Buah ini juga mengantongi vitamin C dengan kadar tinggi, vitamin yang juga memiliki efek antioksidan.

Molekul antioksidan diperlukan tubuh karena dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas berlebih perlu dikendalikan dapat dapat memicu kerusakan sel dan berkontribusi terhadap beragam penyakit kronis.

Baca Juga:  Bey Machmudin Usulkan APBD Perubahan 2023 Sebesar Rp37,74 Triliun

Kedua. Meningkatkan kualitas tidur – Jujube telah banyak dimanfaatkan dalam terapi alternatif untuk meningkatkan kualitas tidur. Studi yang berkembang terkait buah ini menyebutkan, kandungan antioksidan di dalam jujube bisa berkontribusi terhadap manfaat ini.

Ketiga. Meningkatkan fungsi otak – Antioksidan dalam jujube juga dipercaya membantu meningkatkan fungsi otak. Bahkan, obat ini sering diberikan dalam terapi alternatif untuk menurunkan rasa cemas.

Baca Juga:  Ade Yasin Sebut Jalur Bomang Bisa Pangkas Jarak Tempuh ke Cibinong

Studi pada hewan dan uji tabung juga mengindikasikan, buah ini berpotensi untuk meningkatkan daya ingat, melindungi sel otak dari perusak saraf, serta bijinya berpotensi berkhasiat untuk menangani demensia karena Alzheimer. (Red)