Mengenal Ragam Manfaat Ikan Bandeng yang Tak kalah Dengan Salmon

JABARNEWS | BANDUNG – Ikan bandeng (Chanos chanos) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup umum dikonsumsi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Habitat asli ikan bandeng sebenarnya di laut, tetapi ikan ini dapat hidup di air tawar maupun air payau sehingga banyak dibudidayakan sebagai ikan air tawar.

Ikan bandeng juga mengandung vitamin B serta asam lemak lemak omega-3 (EPA dan DHA). Bahkan, kandungan omega-3 pada ikan bandeng bisa menyaingi salmon, tuna, dan tongkol.

Baca Juga:  Polres Cirebon Tangkap Dua Remaja Yang Diduga Pemerkosa Anak Dibawah Umur

Oleh Sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat ikan bandeng bagi kesehatan yakni:

Pertama. Menjaga kesehatan jantung – Ikan Satu ini kaya Akan kandungan omega-3, Omega 3 sendiri adalah jenis lemak baik yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Kandungan omega-3 pada ikan bandeng juga diketahui dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol, serta mengontrol tekanan darah.

Baca Juga:  Perlindungan Kemensos Mulai Sasar Desa Ciwalen, 260 KPM Terima Beras 10 Kg

Kedua. Menjaga kesehatan dan fungsi mata – Ikan bandeng mengandung berbagai nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Nutrisi tersebut meliputi vitamin A, vitamin B, lutein, dan omega-3.

Dengan tercukupinya asupan nutrisi tersebut, fungsi mata Anda akan tetap optimal. Hal ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan pada mata, misalnya katarak dan degenerasi makula.

Ketiga. Mencegah anemia – Ikan bandeng mengandung vitamin B, folat, dan zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan nutrisi tersebut dapat menyebabkan produksi sel darah merah berkurang, yang kemudian memicu terjadinya anemia.

Baca Juga:  Joko Widodo Minta Polri Selektif Terima Laporan UU ITE

Oleh karena itu, asupan zat besi dapat Anda cukup dengan mengkonsumsi ikan bandeng atau jenis makanan lain yang juga kaya akan kandungan nutrisi tersebut, seperti daging tanpa lemak dan telur. (Red)