Ini Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan, Diantaranya Cegah Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Buah kesemek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, meski kurang populer di Indonesia. Buah berwarna oranye ini biasa dijajakan dengan balutan serbuk seperti bedak putih.

Hal inilah yang kemudian membuatnya dijuluki sebagai buah genit. Selain penampilannya, buah kesemek juga punya cita rasa unik. Selain itu, buah kesemek juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat buah kesemek buat kesehatan yakni:

Baca Juga:  Menikmati Keindahan Pantai Karangsong Sebagai Tempat Wisata Indramayu

Pertama. Mencegah kanker – Buah kesemek mengandung banyak sekali antioksidan. Kandungan ini berguna untuk menjadi antikanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas.

Selain itu, kandungan antioksida yang ada dalam buah kesemek juga melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Senyawa fenolik, vitamin A, dan vitamin C yang terkandung dalam kesemek cukup tinggi sehingga berguna untuk mencegah banyak jenis kanker.

Kedua. Mencegah penyakit jantung – Penyakit jantung merupakan satu di antara penyakit kronis yang bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Untuk mencegah penyakit jantung, seseorang dianjurkan rajin mengkonsumsi berbagai aneka sayuran dan buah-buahan segar, termasuk kesemek.

Baca Juga:  Berikut Beberapa Manfaat Sinar Matahari Bagi Kehidupan Sehari-hari

Menurut Healthline, kandungan flavonoid dalam kesemek bisa memelihara kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah serta mengurangi kolesterol jahat (LDL) sehingga seseorang yang rajin mengkonsumsinya akan terhindar dari serangan jantung maupun penyakit jantung koroner.

Baca Juga:  Begini Dampak Yang Ditimbulkan Jika Kalian Terkena HIV AIDS

Ketiga. Menjaga kesehatan mata – Buah kesemek mampu mendukung kesehatan penglihatan. Hal itu dimungkinkan karena tingginya kandungan vitamin A di setiap satu buah kesemek yang dikonsumsi.

Vitamin A merupakan satu di antara komponen penting dari rhodopsin, yaitu protein yang dibutuhkan tubuh untuk dapat melihat secara normal. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buah kesemek bisa mengurangi risiko penyakit mata tertentu, termasuk degenerasi makula. (Red)