Ini Penyebab Gigi Keropos, Salah Satunya Karena Buah Yang Asam

JABARNEWS | BANDUNG – Gigi keropos terjadi akibat terkikisnya enamel di gigi yang disebabkan oleh zat asam. Selain itu, seorang dengan kondisi medis tertentu, seperti mulut kering, penyakit asam lambung, atau orang yang mengonsumsi obat-obatan antihistamin juga berisiko untuk mengalami gigi keropos.

Enamel sendiri adalah lapisan terluar gigi yang berfungsi untuk melindungi dan mencegah kerusakan gigi. Sayangnya, lapisan enamel ini lama-kelamaan akan terkikis akibat terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Baca Juga:  Karena Hal Ini, Puluhan Juru Takar SPBU di Purwakarta Diberi Pelatihan

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa jenis makanan dan minuman penyebab gigi keropos yakni:

Pertama. Roti – Siapa yang menyangka ternyata roti dapat menyebabkan gigi keropos? Pada saat mengunyah roti, air liur di dalam mulut akan bekerja memecah zat pati menjadi gula.

Roti dapat menempel di sela-sela gigi. Alhasil, sisa roti yang menempel di sela gigi akan mengundang bakteri sehingga menyebabkan gigi berlubang dan gigi keropos.

Baca Juga:  Basarnas Nias Lakukan Pencarian Nelayan Hilang di Perairan Luaha Gunde

Kedua. Permen manis – Makanan yang manis, seperti kue dan permen, dapat merusak gigi sehingga menyebabkan gigi keropos. Kandungan gula pada sisa makanan yang menempel di gigi tersebut dapat mengundang bakteri.

Ketika bakteri mengolah gula tersebut sebagai sumber energinya, maka akan terbentuk zat asam yang dapat membuat gigi rusak dan keropos.

Baca Juga:  Tolak Hasil KLB, DPD Demokrat Jabar: Terjadi Pembajakan Partai

Ketiga. Buah yang terasa asam – Kandungan zat asam pada buah-buahan, seperti jeruk dan lemon, berisiko mengikis enamel dan membuat gigi rentan mengalami kerusakan.

Apabila ingin mengonsumsi buah yang asam seperti ini atau minum air yang sudah diberi perasan air lemon, jangan lupa untuk membilas mulut dengan cara minum air putih setelahnya. (Red)