Covid-19 Merebak, Peternak Kambing Saanen Kewalahan Permintaan Susu di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Di tengah gempuran pandemi Covid-19, susu kambing saanen kini menjadi buruan warga di Kabupaten Purwakarta, Jawa barat.

Pasalnya, susu kambing tersebut di klaim bisa meningkatkan imunitas tubuh dan menyehatkan bagi yang sakit.

Salah satu peternak kambing saanen dan alpine yang memproduksi susu kambing di gang gelatik, Kelurahan Cipaisan, Purwakarta kewalahan memenuhi permintaan pembeli meningkat di tengah pandemi virus corona.

Diktahui, kambing yang berasal dari pegunungan swiss ini memiliki kandungan yang baik untuk di konsumsi dan bisa menghasilakn lima liter susu setiap ekornya.

Baca Juga:  Persiapan PTM, Satgas Covid-19 Pemdes Sukasari Monitoring di SDN Kubangsari

Peternak Kambing saanen, Abdullah mengaku kewalahan memenuhi permintaan pembeli.

“Sekarang penjualan susu kambing meningkatkan di karena kan mungkin Corona di Purwakarta meningkat jadi permintaan susu jadi sangat luar biasa banyak, khususnya susu kambing untuk kesehatan orang itu di pentingkan,” ucap Abdullah, saat ditemui di peternakaannnya, pada Jumat (9/7/2021).

Ia mengungkapkan, Jika biasanya produksi susu kambing hanya sekitar 15 liter perhari. Namun di tengah meningkatkan kasus aktif Covid-19 di Purwakarta, produksi dan permintaan susu kambing mencapai 30 liter perhari.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Setiap Daerah Siapkan Lokasi Karantina Hingga Tingkat Desa

“Perhari biasa saya hanya 15 liter, untuk sekarang 20 liter sampai 30 liter susu kambing ini. Saya menjual Rp. 10 ribu untuk per botol dengan ukuran 250 mililiter,” ucapnya.

Dijelaskannya, dengan protein yang terkandung dari susu kambing ini, sangat pas untuk menjaga imunitas tubuh manusia yang kuat, terutama pada saat pandemi Covid-19 yang terbilang masih tinggi.

“Protein yang saya pernah lihat dan saya rasakan banyaknya imun tubuh dan kekebalan tubuh di utamakan. Di Purwakarta aja sekarang udah kewalahan biasanya Subang Karawang sekarang Purwakarta aja jam 8 aja udah antre orang-orang,” tutur Abdullah.

Baca Juga:  Doni Monardo: HUT RI 17 Agustus, Kita Harus Bebas dari Covid-19

Ditempat yang sama, seorang pembeli asal Desa Bunder, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Neng, mengatakan, dirinya hampir setiap hari membeli susu kambing untuk mengobati warga dan anaknya yang sakit sesak nafas.

“Alhamdulillah banyak yang sehat, alhamdulillah bagus. Setelah anak saya meminum susu kambing ini alhmdulilah sesak nafasnya hilang dan kondisinya berangsur membaik. Jadi dengan secara rutin konsumsi susu kambing ini bisa menyehatkan dan menyembuhkan,” ucap Neng. (Gin)