Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Isolasi Mandiri

JABARNEWS | BANDUNG – Rasa cemas, ketakutan hingga khawatir. tentunya akan kalian rasakan ketika terpapar Covid-19 dan terpaksa harus melaksanakan Isolasi Mandiri (Isoman). Tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan mental.

Isoman merupakan sebuah kondisi yang menimbulkan jarak baik secara fisik, emosi maupun finansial. Hal tersebut berpotensi memunculkan sejumlah persoalan seperti mempengaruhi kesehatan mental pasien Covid-19.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber akmi berhasil merangkum beberapa cara menjaga kesehatan mental saat Isolasi mandiri yakni:

Baca Juga:  Polisi Beri Warning Untuk Pelajar

Pertama. Membatasi asupan berita dan cerita Covid-19 – Cara pertama menjaga kesehatan mental ketika isolasi mandiri yakni Membatasi asupan berita dan cerita terkait Kasus covid-19.

Menurut Kaprodi Pendidikan Spesialis Ilmu Kejiwaan FKKMK UGM, hal tersebut bisa membantu untuk menjaga kesehatan mental kalian ketika sedang mengalami Isolasi Mandiri.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Berharap LKPD Pemkab Purwakarta Tahun 2022 Diganjar WTP

Kedua. Meditasi – meditasi diyakini dapat memberikan ketenangan dan keseimbangan jiwa, sehingga emosi dan kesehatan tubuh stabil secara keseluruhan. Manfaat ini tidak hanya akan terasa sepanjang Anda melakukan meditasi, tetapi akan dapat dirasakan dalam aktivitas sehari-hari.

Selain itu, meditasi juga bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan mental ketika sedang melakukan isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Berkukuh Bantuan untuk NU Rp1 Triliun Bahkan Lebih, Uangnya Kemana?

Ketiga. Pola makan Sehat – pola makan yang menyehatkan dengan menerapkan Pedoman Gizi Seimbang. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan atau kondisi tertentu dapat mempengaruhi perjalanan Anda.

Selain itu, pola makan sehat juga ternyata bisa membantu menjaga kesehatan mental ketika sedang melakukan isoman atau isolasi mandiri akibat terpapar oleh Covid-19. (Red)